Efektivitas Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Keywords:
Efektivitas, Model role playing, Meningkatkan, Minat Belajar, Peserta didik, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan role playing dalam meningkatkan minat belajar peserta didik sehingga dapat mempermudah pemahaman tentang peristiwa-peristiwa dan tokoh penting dalam sejarah kebudayaan Islam di Kelas IV MI Guppi Binanga. Menggunakan desain eksperimen Pre-test dan Post-test One Group Design, penelitian ini melibatkan 15 siswa kelas V sebagai sampel yang dipilih secara sampel jenuh, mengingat jumlah siswa yang kurang dari 30. Data dikumpulkan melalui angket berbasis skala Likert untuk mengukur perubahan minat belajar siswa sebelum dan setelah penerapan metode role playing, serta dokumentasi yang mendukung observasi minat belajar dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Pendekatan kuantitatif eksperimen digunakan untuk menganalisis data numerik secara statistik, dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial untuk menentukan pengaruh metode role playing terhadap minat belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode role playing secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Sebelum penerapan metode ini, mayoritas siswa menunjukkan minat belajar yang rendah, namun setelah metode role playing diterapkan, 60% siswa menunjukkan peningkatan minat yang sangat tinggi. Metode ini berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan interaktif, meningkatkan partisipasi siswa, mengurangi rasa bosan, serta memperkuat pemahaman mereka terhadap materi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian serta uji t menunjukkan bahwa penerapan metode role playing efektif dalam meningkatkan minat belajar.
References
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Surabaya: Prenada Media.
Amiati, A. (2018). Use of Role Playing Method to Improve Student Learning Results in IPS Subject at Class IVA SD Negeri 111 Pekanbaru: Penggunaan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Kelas Iva Sd Negeri 111 Pekanbaru. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 9(1), 27-35. https://doi.org/10.25299/perspektif.2018.vol9(1).1425.
Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran PKn dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(1), 33-42. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.24.
Azin, M. (2023). Penerapan Metode Role Playing Mata Pelajaran PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 111-118. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2978
Badaruddin, S. (2024). Cara Menangani Siswa SD/MI Yang Memiliki Kemampuan Pengetahuan Yang Bervariasi. Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar & Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1-15. https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1197.
Badaruddin, S., Muhkam, M. F., Syajida, N., & Nurmaida, N. (2024). The Influence of Active Learning By Integrating Religious Moderation Values On PPKN Learning Outcomes By Students. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 9(2), 134-144. https://doi.org/10.26618/jed.v9i2.12851.
Dewi, R. P. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Fatimah, D. (2015). Pengembangan model bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengembangkan kepercayaan diri siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/jubk/article/view/6871.
Hariyono, H., Andrini, V. S., Tumober, R. T., Suhirman, L., & Safitri, F. (2024). Perkembangan Peserta Didik: Teori dan Implementasi Perkembangan Peserta Didik pada Era Digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Herlindya, H., & Sutirna, S. (2022, October). Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatan Minat Belajar Matematika Peserta Didik. In National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET) (Vol. 2, No. 1, pp. 94-101). https://ncabet.conferences-binabangsa.org/index.php/home/article/view/69.
Hutabarat, L. A. K. (2023). Penerepan Metode Bermain Peran (Role Play) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV DI SDN 173249 Sibulan-Bulan. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 34-37. https://doi.org/10.51178/jerh.v1i2.1372.
Maani, S. (2022). Pembelajaran Kooperatif Model Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKN di SMP Negeri 1 Pemenang. Jurnal Paedagogy, 9(2), 266-270. https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4834
Magdalena, I., & Affifah, A. N. (2020). Identifikasi gaya belajar siswa (visual, auditorial, kinestetik). Pensa, 2(1), 1-8. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/599.
Mardiah, S. H. (2015). Implementasi Metode Role Play dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa.
Mariana, N. K. (2023). Penerapan Metode Role-Playing Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sd Negeri 1 Nongan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 5(2), 7-14. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v5i2.163
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. Sukoharjo: CV Kekata Group.
Marlina, L. (2023). Implementasi Strategi Role Playing Pada Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Semangat Dan Minat Belajar Siswa. Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2). https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/imamah/article/view/293.
Masyitoh, A., & Safmi, C. A. (2024). Peran Guru dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Aktif di Kelas Dasar. Journal Educational Research and Development| E-ISSN: 3063-9158, 1(2), 89-95. https://jurnal.globalscients.com/index.php/jerd/article/view/58.
Naro, W., & Rapi, M. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar & Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 41-49. https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1036.
Nasution, A. T., Munip, A., Rohmi, P., & Rizky, V. B. (2023). Analisis Penerapan Metode Role Playing Dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Mahasiswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2732-2744. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11098
Nurishlah, L., Nurlaila, A., & Rusnaya, M. (2023). Strategi Pengembangan Motivasi Instrinsik Di Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. MURABBI, 2(2), 60-71. https://doi.org/10.69630/jm.v2i2.20.
Putri, R. A., Magdalena, I., Fauziah, A., & Azizah, F. N. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap pembelajaran siswa sekolah dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157-163.
https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i2.26.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Surabaya Cipta Media Nusantara.
Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 197-206. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1164.
Rahman, T., & Pd, M. (2018). Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. Medan: CV. Pilar Nusantara.
Simanullang, K., Gultom, V. V., & Syahrial, S. (2024). Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar Menggunakan Metode Role-Playing pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1328-1336. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7316.
Sufis, I. R. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal melalui Metode Role Playing pada Anak di SD Negeri 2 Gombong. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(12). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/view/6247.
Susilowati, N., Arrosyid, M. A. W., Suryandari, K. C., & Rosana, A. S. (2024). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Pembelajaran IPAS Peserta Didik Kelas V. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91959.
Syajida, N., Ahyadi, N., Alfina, & Zuhdiah. (2024). Strategi Pembelajaran Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SD/MI. Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar & Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 50–62. https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1198.
Tarigan, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui. Primary, 5(3), 102-112. https://ejournal.unri.ac.id/JPFKIP/article/view/3898.
Tamami, U. (2022). Impelemetasi Metode Role Playing dalam Membangun Rasa Nasionalisme Pada Pembelajaran IPS Kelas VII MTs NU I’anatuth Thullab Mutih Kulon Wedung Demak (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Wulandari, V. C. P., Al-Muhdhar, M. H. I., & Suhadi, S. (2016). Pembelajaran Role Playing Dipadu Group Investigation Berbantuan Komik Program Krpl sebagai Upaya untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif dan Sikap Sosial (Doctoral dissertation, State University of Malang). http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6473.
Yasin, M., & Baresi, I. S. (2024). Menumbuhkan Minat Belajar Siswa melalui Metode Pembelajaran Kreatif. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 367-379. https://doi.org/10.62504/JIMR75xf4w76

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar & Madrasah Ibtidaiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.