Strategi Pembelajaran Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SD/MI
Keywords:
Startegi, Pembelajaran Efektif, Meningkatkan, Kemampuan Membaca, Siswa SD/MIAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran yang paling efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa SD/MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review, yaitu dengan meninjau berbagai penelitian, jurnal, artikel, dan sumber akademik lainnya yang relevan untuk mengumpulkan pengetahuan yang ada tentang strategi pembelajaran membaca di tingkat pendidikan dasar atau madrasah ibtidaiyah.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesuksesan pembelajaran membaca di tingkat SD/MI dipengaruhi oleh motivasi siswa, metode yang diterapkan oleh guru, dan peran orang tua. Motivasi siswa, yang dipengaruhi oleh minat terhadap materi bacaan dan dukungan dari guru serta orang tua, sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Metode yang efektif seperti fonik, pemahaman teks, serta penggunaan media dan teknologi yang menarik dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan memperkaya keterampilan membaca siswa. Keterlibatan orang tua dalam mendukung pembelajaran di rumah juga berperan besar dalam mempercepat perkembangan literasi anak. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya, keberagaman kebutuhan siswa, dan peran orang tua yang bervariasi memerlukan perhatian. Guru harus mampu menyesuaikan strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa, serta melakukan evaluasi dan pemberian umpan balik yang konstruktif untuk mendorong kemajuan mereka. Dengan penerapan strategi yang tepat, dukungan berkelanjutan dari guru dan orang tua, serta sumber daya yang memadai, kemampuan membaca siswa dapat meningkat secara signifikan, memberikan dasar yang kokoh untuk kesuksesan akademik dan perkembangan pribadi mereka.
References
Abidah, A., Aklima, A., & Razak, A. (2022). Tantangan guru sekolah dasar dalam menghadapi era society 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 769-776. 10.29303/jipp.v7i2c.498.
Agustin, A., & Muthi, I. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(3), 226-233. https://doi.org/10.55606/cendekia.v4i3.3093.
Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 924-930. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402.
Aprilia, P. (2024). Cara Penanganan Siswa Berkemampuan di Atas Rata-Rata Sedang dan Rendah. Journal of Knowledge and Collaboration, 1(7), 311-323. https://doi.org/10.59613/6q3akf79.
Aresta, G. O., Nandiwardhana, I. K., Mahadipta, P., Santosa, G. A., Dewi, D. A. P., & Werang, B. R. (2024). Menerapkan Pembelajaran Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Di SDN 1 Padangbulia. Contemporary Journal of Applied Sciences, 2(3), 217-232. https://doi.org/10.55927/cjas.v2i3.9878
Aysah, F. (2023). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Membaca Anak Usia Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(1), 49-62. https://doi.org/10.35878/guru.v3i1.549.
Badaruddin, S., Muhkam, M. F., Syajida, N., & Nurmaida, N. (2024). The Influence of Active Learning By Integrating Religious Moderation Values On PPKN Learning Outcomes By Students. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 9(2), 134-144. https://doi.org/10.26618/jed.v9i2.12851
Diana, H. (2022). Game Based Learning Berbantuan Media Board Game Klaster Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 661-676. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.622.
Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51. 10.36339/jmas.v2i1.427.
Faridah, S., Saputra, R. I., & Ramadhani, M. I. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa SD Negeri 2 Tambang Ulang. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 60-69. http://dx.doi.org/10.31602/jt.v5i2.12451.
Hanum, A., & Rahman, A. (2024). Penggunaan Metode Pembelajaran Fonik Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Siswa Di Tadika Didik Bistari Gemilang Gerik, Perak Malaysia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3204-3214. ttps://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13814.
Harni, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw pada Siswa Kelas IV SDN 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 7(2), 108-114. https://doi.org/10.33394/jp.v7i2.2503.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261.
Khasanah, A., & Cahyani, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Strategi Question Answer Relationships (QAR) Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 1(1). https://doi.org/10.17509/jppd.v1i2.6468.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549-558.
Mansoer, Z., & Susliah, E. (2024). Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Metode Phonics. Jurnal Cerlang PG PAUD, 1(1), 38-48. https://doi.org/10.37640/jcpaud.v1i1.1935.
Mardiana, D. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Melalui Program Literasi Baca Di Kelas Va SD Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(2), 136-152. https://doi.org/10.69743/edumedia.v2i2.32.
Mariamah, M., Putrayasa, I. B. P. B., & Sudiana, N. (2022). Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1). http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i1.2797.
Nuraini, M., & Rusnilawati, M. P. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Media Kartu Kata terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Sondakan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Nurfadillah, S. (2021). Pendidikan Inklusi Tingkat SD. CV Jejak: Sukabumi.
Nurishlah, L., Nurlaila, A., & Rusnaya, M. (2023). Strategi Pengembangan Motivasi Instrinsik Di Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. MURABBI, 2(2), 60-71. https://doi.org/10.69630/jm.v2i2.20.
Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada-Rajawali Pers: Jakarta.
Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399-3409. 10.31004/obsesi.v6i4.2409
Rahmi, S. F., Nasaruddin, H., Torro, S., & Nasir, M. (2024). Pengenalan Huruf dan Peningkatan Kemampuan Membaca pada Anak. Pinisi Journal of Community Service, 1(1), 25-30. https://journal.unm.ac.id/index.php/pjcs/article/view/2348.
Ritonga, S., & Rambe, R. N. (2022). Penggunaan Media Big Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18363.
Safoyevna, B. Z. (2020). Pirls (Progress in International Reading Literacy Study) is International Assessment Program of Todays Demand. JournalNX, 6(05), 95-97. https://repo.journalnx.com/index.php/nx/article/view/1385
Sapulette, V., & Solissa, E. M. (2024). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14342-14349. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33724.
Tasya, A., Lorenza, D. M., Maria, F. L., & Lita, L. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa SD melalui Literasi Digital. TSAQOFAH, 3(6), 994-1002. 10.58578/tsaqofah.v3i6.1671.
Triatma, I. N. (2016). Minat Baca Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166-178. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fiptp/article/view/3098.
Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179-194. http://dx.doi.org/10.31958/jaf.v5i2.1106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar & Madrasah Ibtidaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.