Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi

Authors

  • Ratih Eka Maulidya. B Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Wahyuddin Naro Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muh. Rapi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Keywords:

Startegi, Pembelaran, Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Kompetensi

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi dana menaganlisis implementasi pembelajaran berbasis kompetensi, dengan menggali bagiaman pembelajaran berbasis kompetensi diterapkan dalam pendididkan di Indonesia, khususnya dalam konteks mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dan sikap peserta didik. Metode library research (penelitian pustaka) digunakan dalam penelitian ini karena memungkinkan peneliti untuk menggali pemikiran, teori, dan hasil penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan topik pembelajaran berbasis kompetensi. Hasil temuan artikel menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis kompetensi (Competency-Based Learning) merupakan pendekatan pendidikan yang menekankan penguasaan pengetahuan, keterampilan praktis, dan pengembangan sikap yang mendukung keberhasilan peserta didik. Pendidik, sebagai agen pembelajaran, memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung proses ini melalui strategi yang tepat. Tujuan utama pembelajaran berbasis kompetensi adalah untuk mengembangkan keterampilan praktis, memperkuat sikap dan etika kerja, serta memberikan pemahaman holistik yang menghubungkan pengetahuan dengan kehidupan nyata. Model pembelajaran ini mengintegrasikan dimensi kognitif, psikomotorik, dan afektif, dengan penekanan pada pembelajaran aktif yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Meskipun memiliki kelebihan seperti fokus pada hasil yang jelas dan pengembangan keterampilan praktis, pendekatan ini juga menghadapi tantangan, seperti kebutuhan waktu dan sumber daya yang lebih banyak serta kompleksitas dalam evaluasi dan standarisasi. Untuk itu, pelatihan bagi pendidik menjadi sangat penting untuk memastikan implementasi yang efektif.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Prenada Media.

Badaruddin, S., Muhkam, M. F., Syajida, N., & Nurmaida, N. (2024). The Influence of Active Learning By Integrating Religious Moderation Values On PPKN Learning Outcomes By Students. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 9(2), 134-144. https://doi.org/10.26618/jed.v9i2.12851

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Greenfield, P. M., & Bruner, J. S. (1966). Culture and cognitive growth. International Journal of Psychology, 1(2), 89-107. https://doi.org/10.1080/00207596608247117

Helmi, J. (2015). Kompetensi profesionalisme guru. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 7(2), 318-336. https://doi.org/10.35445/alishlah.v7i2.43

Le Boterf, G. (2000). Construire les compétences individuelles et collectives.

Murniatun, M. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jurnal Kependidikan, 7(1), 88-96. https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1146.

Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451-464. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.1047

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187. 10.33511/misykat.v3i1.52

Noviati, W. (2020). Kesulitan pembelajaran online mahasiswa pendidikan biologi di tengah pandemi Covid19. Jurnal pendidikan mipa, 10(1), 7-11. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.258

Rahman, A. (2022). Upaya peningkatan standar kompetensi lulusan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 122-132. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/78

Perrenoud, P. (1997). Concevoir et faire progresser des dispositifs de différenciation. Éducateur magazine,(13), 20-25. http://jeunes.profs.free.fr/doc/differeciation.htm

Psifidou, I. (2009). Innovation in school curriculum: the shift to learning outcomes. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1(1), 2436-2440. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.429

Ramdhayani, E., Noviati, W., Syafruddin, S., Deniati, L., & Kurniati, E. (2020). Analisis Penilaian Sikap Siswa Biologi Selama Pembelajaran Daring Pada Era Tatanan Baru. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 107-110. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.380

Risman, R. (2024). Strategi Pelatihan Karyawan untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi: Peran Teknologi dan Adaptasi Program di Berbagai Sektor. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 7(1), 56-68. https://doi.org/10.57178/paradoks.v7i1.946

Ryan, T. J., Antman, E. M., Brooks, N. H., Califf, R. M., Hillis, L. D., Hiratzka, L. F., ... & Smith Jr, S. C. (1999). 1999 update: ACC/AHA guidelines for the management of patients with acute myocardial infarction: executive summary and recommendations: a report of the American College of Cardiology/American Heart Association Task Force on Practice Guidelines (Committee on Management of Acute Myocardial Infarction). Circulation, 100(9), 1016-1030. https://doi.org/10.1161/01.CIR.100.9.1016

Saptadi, Norbertus Tri Suswanto dkk. (2024). Revolusi Pendidikan. Banten: Pt Sada Kurnia Pustaka

Siswahyudi, N., Helmi, H., & Purnamawati, P. (2022). Efektifitas penerapan Pendidikan Berbasis Kompetensi Pada Sistem Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan (VET). Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(2), 180-185. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i2.1228.

Spencer, S. S., & Spencer, D. D. (1994). Entorhinal‐hippocampal interactions in medial temporal lobe epilepsy. Epilepsia, 35(4), 721-727. https://doi.org/10.1111/j.1528-1157.1994.tb02502.x

Tilya, F., & Mafumiko, F. (2010). The compatibility between teaching methods and competence-based curriculum in Tanzania. Papers in education and development, (29). https://journals.udsm.ac.tz/index.php/ped/article/view/1445.

Uno, H. H. B. (2024). Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, H. (2021). Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: UAD PRESS.

Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274-285. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480.

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Maulidya. B, R. E., Naro, W. ., & Rapi, M. . (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar &Amp; Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 41–49. Retrieved from https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1036