Cara Menangani Siswa SD/MI Yang Memiliki Kemampuan Pengetahuan Yang Bervariasi

Authors

  • Nurfajria Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Nurmaida Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Sukri Badaruddin Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Keywords:

Cara menangani, Siswa SD/MI, Kemampuan Pengetahuan, Pengetahuan Bervariasi, Pembelajaran Diferensiasi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai cara yang dapat digunakan untuk menangani siswa SD/MI yang memiliki kemampuan pengetahuan yang bervariasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review atau kajian Pustaka. Pendekatan ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan dan menganalisis hasil-hasil penelitian yang sudah ada sebelumnya, yang dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam dan komprehensif terkait cara-cara efektif dalam menangani siswa dengan kemampuan pengetahuan yang bervariasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengatasi keberagaman kemampuan siswa SD/MI, diperlukan pendekatan pembelajaran yang fleksibel dan terpersonalisasi, seperti strategi diferensiasi, penggunaan teknologi, dan pembelajaran berbasis kelompok. Peran guru sebagai fasilitator sangat penting dalam merancang strategi yang dapat memenuhi kebutuhan individu siswa. Selain itu, keterlibatan orang tua dalam mendukung pembelajaran di rumah juga berkontribusi signifikan terhadap perkembangan akademik dan emosional siswa. Dengan pendekatan yang inklusif, dukungan yang berkelanjutan dari guru dan orang tua, serta evaluasi yang tepat, siswa dapat mencapai potensi terbaik mereka, menciptakan pengalaman belajar yang efektif, menyenangkan, dan tidak memberatkan.

References

Abdullah, A. (2017). Pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45-62. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45 .

Astuti, B., & Wathon, A. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Melalui Metode Pembelajaran. Sistim Informasi Manajemen, 2(2), 113-138. https://oj.lapamu.com/index.php/sim/article/view/75.

Badaruddin, S., Muhkam, M. F., Syajida, N., & Nurmaida, N. (2024). The Influence of Active Learning By Integrating Religious Moderation Values On PPKN Learning Outcomes By Students. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 9(2), 134-144. https://doi.org/10.26618/jed.v9i2.12851.

Baker, W. (2015). Culture and identity through English as a lingua franca: Rethinking concepts and goals in intercultural communication (Vol. 8). Walter de Gruyter GmbH & Co KG. 10.1515/9781501502149.

Budianto, A. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Ramah Bagi Semua Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1). https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.10.

Darmawan, J., Saragih, A. H., & Sani, R. A. (2024). Model Pembelajaran Merdeka Belajar. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher)

Fairus, A. N., Anzani, D., & Atikah, H. F. (2024). Analisis Urgensi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Inklusif. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 12(2), 177-186. https://doi.org/10.33659/cip.v12i2.349.

Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2492-2500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113.

Firdaus, A. M., & Bakhtiar, A. M. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mengatasi Keberagaman Tingkat Ketanggapan Siswa–Siswi Di Upt Sdn 25 Gresik. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2135-2147. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.529.

Ghofur, A., Nafisah, D., & Eryadini, N. (2016). Gaya belajar dan implikasinya terhadap kemampuan berfikir kritis mahasiswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(2). https://doi.org/10.33367/psi.v1i2.285

Guskey, T. R. (2007). Using assessments to improve teaching and learning. Ahead of the curve: The power of assessment to transform teaching and learning, 15-29.

Hadzami, S., & Maknun, L. L. (2022). Variasi Model Pembelajaran Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 111-132. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i2.279.

Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Surabaya: Prenada Media.

Hasbullah, H., & Nurhasanah, N. (2024). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Melejitkan Potensi Anak. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 55-71. https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i1.110.

Hattie, J. (2009). The black box of tertiary assessment: An impending revolution. Tertiary assessment & higher education student outcomes: Policy, practice & research, 259, 275.

Jayanti, M. I., Umar, U., Nurdiniawati, N., & Amar, K. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam perspektif Richard I. Arends dan Kilcher: konsep, strategi, dan optimalisasi potensi belajar siswa. eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar, 6(2), 91-108. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v6i2.1215

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27. 10.36088/fondatia.v4i1.441

Kristiyani, T. (2020). Self-regulated learning: Konsep, implikasi dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. Sanata Yogyakarta: Dharma University Press.

Mustafida, F. (2013). Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik SD/MI. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 20. https://doi.org/10.18860/jt.v6i1.3291

OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do, PISA, OECD Publishing, Paris, https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-i_5f07c754-en

Pratiwi, V., Bramantha, H., & Hamidiah, N. (2024). Perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah Menggunakan Model Make A Match Dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 789-794. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1410

Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Ascd.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/152.

Rejeki, S., Mursitowati, N., Prayitno, T. H., Mulyantoro, P., & Nisa, A. F. (2023). Melihat Tantangan Pembelajaran Diferensiasi: Apakah Memang Sulit?. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 552-561). https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/view/1139.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51. 10.36339/jmas.v2i1.427.

Ritonga, M., Sartika, R., & Wijaya, A. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi: Menjawab Kebutuhan Pendidikan Personal di Era Society 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 19(2), 163-170. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.8272

Saba, S. S. (2024). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektivitas Siswa. JME Jurnal Management Education, 2(02), 57-63. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jme/article/view/358.

Sakti, N. C., & Ainiyah, M. U. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Era Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 706-711. 10.29303/jipp.v9i2.1970.

Sarnoto, A. Z. (2024). Model pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Journal on Education, 6(3), 15928-15939. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5470.

Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi sebagai sebuah pendekatan untuk kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi guru dalam membangun komunikasi dengan orang tua siswa di sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99-113. 10.24198/jkk.v8i1.23620

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1). https://erudio.ub.ac.id/index.php/erudio/article/view/228.

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682-689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).

Downloads

Published

2024-12-14

How to Cite

Nurfajria, Nurmaida, & Badaruddin, S. . (2024). Cara Menangani Siswa SD/MI Yang Memiliki Kemampuan Pengetahuan Yang Bervariasi. Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar &Amp; Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–15. Retrieved from https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1197