UPAYA GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 POLEWALI
Keywords:
Upaya Guru, Kemampuan Kognitif, HOTS, Pedidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik, serta pemahaman guru mengenai kemampuan kognitif pada level berpikir rendah dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif peserta didik di SMP Negeri 2 Polewali masih berada pada level berpikir tingkat rendah (LOTS), ditandai dengan keterbatasan peserta didik dalam menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan masalah. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik juga masih berfokus pada level berpikir rendah, seperti memberikan pengetahuan dan pemahaman, menggunakan metode pembelajaran berbasis tugas, memberikan motivasi, serta mengarahkan peserta didik untuk belajar mandiri. Meskipun guru memahami konsep HOTS, penerapannya dalam proses pembelajaran masih terbatas. Upaya yang dilakukan oleh guru cenderung berfokus pada peningkatan pemahaman dan penambahan pengetahuan peserta didik, yang sebagian besar masih terklasifikasi dalam kategori LOTS.