Implementasi Metode Symposium dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar

Authors

  • Majidatun Ahmala STAI Taruna Surabaya
  • Galuh Jessica Aranda Universitas Terbuka

Keywords:

Keaktifan siswa, Pemecahan masalah, Symposium

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model dari metode symposium dengan media pembelajaran berupa gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tegaldlimo dengan materi perjuangan pahlawan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif melalui wawancara bersama narasumber dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 2 Tegaldlimo yang berjumlah 14 siswa. Data dikumpulkan dengan cara melakukan wawancara dengan narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perubahan pada suasana pembelajaran dan hasil yang diperoleh setelah pembelajaran menggunakan metode simposium. Peningkatan keaktifan siswa menjadi 92,86% dari indikator tingkat keberhasilan yang sekurang-kurangnya 73% saat proses pembelajaran berlangsung. Siswa dan guru juga aktif dalam proses pemecahan masalah disebabkan diskusi yang berjalan efektif selama pembelajaran. Penguasaan siswa terhadap materi juga semakin baik karena siswa terlibat langsung proses pemecahan masalah. Media gambar yang digunakan dalam metode simposium ini juga mempermudah guru dalam menjelaskan materi dan memudahkan siswa dalam menginterpretasikan perjuangan yang diraih oleh masihng-masing pahlawan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

References

Abdul Hamid B. (2020). Urgensi Menciptakan Pembelajaran Yang Berkualitas Bagi Seorang Guru. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 127–147. https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.44

Abirami, A. M., Karthikeyan, P., & Murugan, T. (2025). The Role of Discussion Forums and Peer Assessment for Enhancing Team Building Skills and Cognitive Learning. Journal of Engineering Education Transformations, 38(Special Issue 2), 47–55. https://doi.org/10.16920/jeet/2025/v38is2/25007

Achmad Fathoni, A. M. (2024). Kurikulum dan Pembelajaran. Muhamamdiyah University Press.

Aggy Giri Prawiyogi, A. R. (2025). Deep Learning dalam Pembelajaran Sekolah Dasar (Rahmat Fadhli (ed.)). Indonesia Emas Group.

Albina, M., & Pratama, K. B. (2025). Peran Tujuan Pembelajaran dalam Perencanaan Pembelajaran : Dasar untuk Pembelajaran yang Efektif. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.62383/hardik.v2i2.1233

Aldila Wanda Nugraha. (2020). Mahasiswa Pada Materi Faktor Biotik Dan Prinsip Ekologi. Jurnal Ika: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(1), 135–141. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index

Alfurqan, M.Tamrin, Z. T. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in the Learning of Islamic Religious Education (Pai) Students of Class Vi Elementary School Implementasi Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal CERDAS Proklamator, 9(1), 53–59. https://doi.org/10.37301/jcp.v9i1.79

Arsyi Mirdanda. (2019). Mengelola Aktivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar (Wulan Irine Purnama (ed.)). PGRI Provinsi Kalbar.

Asrar, Darmawati, Sitti Marwa, Lujain Usman, Hapsah, N. (2024). Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar Dalam Menghadapi Tantangan Global Innovation in the Development of the Primary Education Curriculum in Facing Global Challenges. Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar & Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 34–40. https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1199

Badaruddin, S. (2024). Cara Menangani Siswa SD/MI Yang Memiliki Kemampuan Pengetahuan Yang Bervariasi. Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar & Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–15. https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1197

Badaruddin, S., Muhkam, M. F., Syajida, N., & ... (2024). The Influence of Active Learning By Integrating Religious Moderation Values On PPKN Learning Outcomes By Students. JED (Jurnal Etika …, 2, 134–144. https://doi.org/10.26618/jed.v

Enjang Yusup Ali, Y. M. S. (2023). Perencanaan Pembelajaran di SD (Rahmat Fadhli (ed.)). Indonesia Emas Group.

Fatmawati, B., Jannah, B. M., & Sasmita, M. (2022). Students’ Creative Thinking Ability Through Creative Problem Solving based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2384–2388. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1846

Hasanuddin, M. I., Zuhdiah, Z., Badaruddin, S., Setiawan, A., & Kalsum, U. (2024). Enhancing Students’ Self-Regulated Learning through Differentiated Instruction Based on Prior Knowledge. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 179–188. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1371

Hendri, J. (2025). Penerapan Metode Diskusi Simposium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI F 7 Pada Mata Pelajaran PAI Di SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh Tahun Pelajaran 2024-2025. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 01(03), 104–109. https://journal.makwafoundation.org/index.php/eduspirit/article/view/682

Hilma Sadatil Alawiyah, & Ageng Saepudin Kanda. S. (2024). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 5(2), 33–40. https://doi.org/10.59059/tabsyir.v5i2.1081

Jenri Ambarita, P. S. S. (2023). Pengantar Pembelajaran Berdiferensiasi (N. I. B. Anita Candra Dewi (ed.)). Adab.

Marzuki. (2024). Strategi pembelajaran Model, Metode dan Teknik Pembelajaran (Nurhaeni (ed.)). Mega Press Nusantara.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Murni, N. F. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 5(1), 7–11. https://doi.org/10.20961/seeds.v5i1.56736

Nurhidayani. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Diskusi Simposium pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Lunang. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 01(04), 6–11. https://journal.makwafoundation.org/index.php/eduspirit/article/view/715

Nurul Hikmah. (2019). Perkembangan Peserta Didik Sekolah Dasar (Awal Syaddad (ed.)). Kaafah Learning Center.

Pahamzah, J., Syafrizal, S., Gailea, N., Masrupi, M., & Mulyati, E. (2020). A Comparative Study between the Use of Role Play and Discussion Method in Teaching Speaking Ability. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 9(2), 227–241. https://doi.org/10.15642/IJET2.2020.9.2.227-241

Pupu Saeful Rahmat. (2019). Strategi Belajar Mengajar (Nur Azizah (ed.)). Scopindo Media Pustaka.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif.

Rahmadany Ayu Fitria. (2024). Kemampuan presentasi sebagai soft skill penunjang agi siswa siswi SMKN 49 Jakarta Utara. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS, 8(2), 276–280.

Rahmawati, D., & Lutfi. (2024). Analisis Penerapan Metode Ceramah dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Pemahaman Materi Peran Ekonomi dalam Menyejahterakan Masyarakat di Mata Pelajaran IPS. Seminar Nasional Dan Publiaksi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 2, 510–518. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/3968

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A. A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., Islamiati, S. H. D., Astiti, K. A., Hikmah, N., & Fasa, M. I. (2021). Metode penelitian kualitatif. Zahir Publishing.

Silvina Safitri. (2024). Penerapan Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 1 Sumatera Barat pada Mapel PAI. Jurnal Pendidikan Tuntas, 2(4), 37–48. https://publikasi.abidan.org/index.php/jpt/article/view/950

Wahono, Abdul Atsar, M. S. (2019). Penerapan Metode Diskusi Sebagai Salah Satu Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Ppkn Pada Materi Perlindungan Dan Pemajuan Hak Asasi Manusia Di Indonesia. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.23969/civicedu.v3i1.1773

Yofran Hengki Ndoluanak, Wardani rahayu, R. (2023). Pengetahuan Siswa Tentang Metamorfosis: Metode Ceramah Vs Metode Diskusi Pada Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 14(2), 32–35. https://doi.org/10.21009/jep.v14i2.45632

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Ahmala, M., & Aranda, G. J. . (2025). Implementasi Metode Symposium dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar &Amp; Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 14–27. Retrieved from https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1583