Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Authors

  • Nihla Israwati Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Muhammad Idris Hasanuddin Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Keywords:

Penerapan, Pembelajaran Video Animasi, Meningkatkan, Motivasi Belajar, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran menggunakan video animasi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI DDI Lipu, khususnya dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok tunggal pra dan pascates untuk mengukur pengaruh penerapan video animasi terhadap motivasi belajar peserta didik di MIS DDI Lipu pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan data yang diperoleh melalui angket yang dibagikan kepada seluruh populasi (18 orang) yang dijadikan sampel jenuh. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan data dalam bentuk persentase dan distribusi frekuensi, serta analisis inferensial menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji hipotesis menggunakan paired sample t-test atau uji Wilcoxon, tergantung distribusi data. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan video animasi dalam pembelajaran efektif meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Sebelum penerapan, motivasi belajar peserta didik tergolong rendah dengan rata-rata 22,27, namun setelah menggunakan video animasi, motivasi mereka meningkat menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 26,72. Hal ini didukung oleh analisis statistik yang menunjukkan perubahan signifikan, dengan uji T menunjukkan nilai signifikansi 0,005 yang lebih kecil dari 0,05, yang berarti ada pengaruh signifikan antara penerapan video animasi dan peningkatan motivasi belajar. Selain itu, instrumen angket yang digunakan dalam penelitian ini valid dan reliabel, dan data yang diperoleh berdistribusi normal, memungkinkan penggunaan uji hipotesis yang tepat. Dengan demikian, video animasi terbukti sebagai media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

References

Adiati, C. C., Firdaus, R., & Nurwahidin, M. (2023). Efektivitas video animasi terhadap hasil belajar siswa. Akademika, 12(01), 69-81. https://doi.org/10.34005/akademika.v12i01.2663.

Asnawati, Y., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education, 9(1), 64-72. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809.

Azhara, S., & Syarifah, S. (2024). Penerapan Media Video Pembelajaran Animasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 1A Sekolah Dasar Negeri 7 Ciamis. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 2(2), 74-80. https://riset-iaid.net/index.php/jpm/article/view/1758.

Badaruddin, S., Muhkam, M. F., Syajida, N., & Nurmaida, N. (2024). The Influence of Active Learning By Integrating Religious Moderation Values On PPKN Learning Outcomes By Students. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 9(2), 134-144. https://doi.org/10.26618/jed.v9i2.12851

Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208-219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130.

Dewi, N. M. L. C., & Negara, I. G. A. O. (2021). Meningkatkan semangat belajar siswa melalui video animasi IPA pada pokok bahasan sistem pernapasan kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122-130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501

Farizki, M. W., Wiyono, D. F., & Mustafida, F. (2024). Pengembangan Video Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Islam Nusantara Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 9(8), 158-172. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/25245.

González-Estrada, E., & Cosmes, W. (2019). Shapiro–Wilk test for skew normal distributions based on data transformations. Journal of Statistical Computation and Simulation, 89(17), 3258-3272. https://doi.org/10.1080/00949655.2019.1658763

Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2021). Analisis Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 212-225. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.738.

Khasanah, F. N., & Rigianti, H. A. (2023). Upaya Guru Dalam Menghadapi Peserta Didik Yang Mengalami Kebosanan Saat Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(4), 266-77. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/507.

Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi materi volume bangun ruang untuk SD kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893-903. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988.

Muslimin, M. I. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas II SD. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 6(1), 26-34. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fiptp/article/view/6106.

Nasrodin, N., Muttaqin, A. I., & Dhani, D. A. (2023). Penerapan Video Animasi Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Guna Memperdalam Pemahaman Peserta Didik Di Era Digital. INCARE, International Journal of Educational Resources, 4(4), 324-338. https://doi.org/10.59689/incare.v4i4.864.

Nurfajria, Nurmaida, & Badaruddin, S. (2024). Cara Menangani Siswa SD/MI Yang Memiliki Kemampuan Pengetahuan Yang Bervariasi. Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar & Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1-15. https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1197.

Prasetya, T. A., Yanti, R. D., Nurrahman, Z., & Aeni, A. N. (2022). Pemanfaatan Video Animasi WOL (way of life) sebagai Media Pembelajaran SKI siswa di Kelas 4 SD/MI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16353-16359. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5073.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Ruswan, A., Rosmana, P. S., Fazrin, D. N., Maulidawanti, D., Nurlaela, I., Pebriyanti, P., ... & Amelia, S. (2024). Penerapan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 1468-1476.

Sae, H., & Radia, E. H. (2023). Media Video Animasi Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 65-73. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i2.474.

Saifuddin, A. (2020). Apakah Desain Eksperimen Satu Kelompok Layak Digunakan?. Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 1-22. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3255.

Siregar, R., Hasibuan, A. D., & Sofiyah, K. (2024). Permasalahan Matematika Yang Ada Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(11). https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jimt/article/view/6075.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Susanti, A. I. (2021). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pekalongan: Penerbit NEM.

Sutopo, E. Y., & Slamet, A. (2017). Statistik inferensial. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Silvia, Vivi, S. E. (2020). Statistika Deskriptif. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Syajida, N., Ahyadi, N., Alfina, & Zuhdiah. (2024). Strategi Pembelajaran Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SD/MI. Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar & Madrasah Ibtidaiyah , 1 (1), 50–62. https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1198.

Wahyudi, N. G., & Jatun, J. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 444-451. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1138

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Israwati, N., & Hasanuddin, M. I. (2025). Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar &Amp; Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 79–94. Retrieved from https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1242