PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTS P3A GUPPI RANGAS

Authors

  • Hardini Dini
  • Bulqiah Mas'ud
  • Sri Musdikawati

Keywords:

Model Pembelajaran, Group Investigation, Hasil Belajar, Akidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Proses pembelajaran di sekolah pendidik menjelaskan bahwa pembelajaran cenderung memanfaatkan metode ceramah dalam proses pembelajarannya berpusat kepada pendidik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ada jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pada penelitian ini peneliti mengambil dua kelas yang dijadikan sebagai sampel yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil belajar peserta didik Hasil Uji Hipotesis yang menggunakan Uji Independent sampel test diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,004 < 0,005. Oleh karena itu H0 ditolak, dan H1 diterima. Selain itu pengaruh model pembelajaran juga dapat dilihat dari perbedaan selisih kenaikan hasil Pre-Test ke Post-Test kelas kontrol dan kelas Eksperimen. Dari kelas kontrol selisih kenaikan hasil Pre-Test ke Post-test yaitu 32,23 sedangkan pada kelas Eksperimen yaitu 44,87. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan Model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik  mata pelajaran Akidah Akhlak.

Downloads

Published

24-12-2024