REVITALISASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM KLASIK DALAM KONTEKS PENDIDIKAN INDONESIA MASA KINI MENUMBUHKAN PENDIDIKAN ISLAM YANG BERBASIS NILAI DAN KARAKTER

Authors

  • Nurafiah STAIN MAJENE
  • Abdul Gaffar Haris

Keywords:

Pendidikan Islam klasik, Nilai Karakter, Revitalisasi, Pendidikan Indonesia

Abstract

Revitalisasi pemikiran pendidikan Islam klasik memiliki relevansi strategis dalam menjawab tantangan pendidikan di Indonesia masa kini. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengadaptasi konsep-konsep pendidikan Islam klasik agar sesuai dengan kebutuhan zaman, terutama dalam menumbuhkan pendidikan Islam yang berbasis nilai dan karakter. Melalui pendekatan analisis literatur dan refleksi kritis, penelitian ini menemukan bahwa prinsip-prinsip pendidikan Islam klasik seperti tarbiyah  (pendidikan holistik), tazkiyah  (penyucian jiwa), dan ta'dib  (internalisasi adab) dapat menjadi landasan kuat dalam membangun kurikulum yang tidak hanya berorientasi pada pencapaian akademik, tetapi juga pada pembentukan moral dan spiritual peserta didik. Dengan integrasi nilai-nilai ini ke dalam sistem pendidikan modern, diharapkan mampu menciptakan generasi yang memiliki integritas, tanggung jawab sosial, dan kecakapan berpikir kritis. Hasil kajian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan model pendidikan Islam berbasis nilai dan karakter yang aplikatif dan kontekstual di Indonesia.

Downloads

Published

24-12-2024