KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 02 KAMPUNG BARU KABUPATEN MAJENE
Keywords:
Kesiapan, Kurikulum Merdeka Belajar, Tarbiyah dan Keguruan, Pendidikan Agama Islam, GuruAbstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kesiapan guru Pendidikan Agama Islam dalam tahap implementasi Kurikulum Merdeka. Guru Pendidikan Agama Islam dalam tahap implementasi Pembelajaran Merdeka di SD Negeri 02 Kampung Baru Kabupaten Majene. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru Pendidikan Agama Islam berada pada kategori tahap awal, tahap berkembang, tahap siap, atau tahap lanjut. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian kualitatif digunakan untuk mengkaji dan memahami fenomena sosial, perilaku individu atau kelompok, dan kondisi alam dengan cara pengumpulan data deskriptif atau kelompok, dan kondisi alam dengan cara pengumpulan data deskriptif. Penelitian ini menggunakan tiga teknik dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru Pendidikan Agama Islam dalam tahap implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Kampung Baru Kabupaten Majene terbagi dalam beberapa tahap yaitu tahap awal, pada tahap awal guru menggunakan contoh-contoh yang telah disiapkan oleh pemerintah, dan pada tahap awal. Contoh-contoh disiapkan oleh pemerintah, dan pada tahap pengembangan guru menyesuaikan dengan contoh-contoh yang diberikan oleh pemerintah. Contoh-contoh diberikan oleh pemerintah, sedangkan pada tahap lanjutan guru melakukan pengembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan siswa. Jadi dengan kata lain, di SD Negeri 02 Kampung Baru Kabupaten Majene, masing-masing guru PAI berada pada tahap yang berbeda dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.