AUTHOR GUIDELINES

Panduan Penulisan Jurnal El-Fakhru

                                                          Macam dan Isi Artikel

Jurnal Pendidikan Agama Islam El-Fakhru merupakan jurnal pendidikan agama Islam yang akan menerbitkan artikel hasil penelitian, studi teori atau pemikiran/konseptual tentang isu-isu aktual pendidikan agama Islam yang belum pernah diterbitkan. Artikel diketik 1,15 spasi, kertas A4 tidak lebih dari 18 halaman dilengkapi dengan judul artikel, nama penulis, nama institusi tempat bekerja, alamat resmi lembaga tempat bekerja, dan alamat email. Naskah dapat dikirim paling lambat satu bulan sebelum publikasi kepada Pengelola Jurnal El-Fakhru Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Tarbiyah dan Keguruan STAIN Majene, Jalan Balai Latihan Kerja Nomor 17, Deteng-Deteng, Banggae, Majene. Pengajuan online tersedia di https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/elfakhru.

                                                       Format/Peringkat Huruf

Judul, sub judul, dan sub-sub judul dalam tulisan dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda dan tidak menggunakan nomor. Tipe huruf yang digunakan adalah Font Cambria dengan Font Size 12.

Peringkat 1 (HURUF BESAR SEMUA DAN RATA DENGAN TEPI KIRI)

Peringkat 2 (Huruf Besar Kecil Tegak Rata dengan Tepi Kiri dan Dihitamkan)

Peringkat 3 (Huruf Besar Kecil Miring Rata dengan Tepi Kiri dan Dihitamkan)

Peringkat 4 (huruf besar kecil miring rata dengan tepi kiri dan tidak dihitamkan)

                                                                 Kriteria Artikel

Judul: 

Maksimal 14 kata dalam bahasa Indonesia atau 10 kata dalam bahasa Inggris dan bahasa Arab, lugas dan menarik.

Nama Penulis: 

Lengkapi dengan nama dan alamat lembaga tempat bekerja, alamat surel untuk korespondensi (penulis utama).

Abstrak: 

Merupakan miniatur isi keseluruhan artikel meliputi masalah, tujuan, metode, hasil, simpulan dan saran, ditulis dalam bahasa Indonesia dan inggris maksimal 150 kata.

Kata Kunci: 

Memuat konsep yang terkandung dalam artikel, ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris terdiri dari 3 sampai 5 konsep.

Pendahuluan: 

Bagian ini memuat masalah penelitian dan disajikan secara eksplisit dengan didukung data dan fakta yang relevan. Muatan pendahuluan terdiri dari uraian umum masalah (variabel) yang diteliti, menunjukan data terkait masalah (variabel) yang diteliti, uraian kemungkinan penyebab terjadinya masalah, uraian efek negatif jika kondisi tetap dibiarkan, dan uraian batasan umum tentang apa yang diteliti. 

Konsep Teori: 

Memuat upaya untuk mengidentifikasi teori-teori yang relevan dan logis sehingga alasan atas masalah dan tujuan penelitian dapat dikonseptualisasikan untuk diuji dan dianalisis.

Metode Penelitian: 

Menjelaskan bagaimana prosedur penelitian dilakukan meliputi desain penelitian, populasi/sampel atau informan, instrumen, dan teknik analisa data.

Hasil dan Pembahasan: 

Hasil memuat analisis data yang dilengkapi dengan ilustrasi seperti gambar, foto, tabel, dan grafik. Sementara pembahasan memuat interpretasi hasil penelitian yang dihubungkan dengan konsep teori, hasil penelitian yang relevan, dan implikasi teoritis dan praktisnya. Dalam pembahasan diperlukan ketajaman analisis dan sintesis secara kritis.

Penutup: 

Ditulis dalam bentuk essay, memuat esensi dari perpaduan antara hasil dengan pembahasan dan bukan hanya rangkuman.

Daftar Rujukan: 

Daftar rujukan diutamakan bersumber dari pustaka primer seperti jurnal Nasional dan Internasional, hasil penelitian, disertasi, tesis, dan skripsi. Kemutakhiran referensi 10 tahun terakhir, diurutkan secara alphabetis dan kronologis.

                                            Penggunaan Ilustrasi Dalam Artikel

  1. Naskah berupa hasil penelitian maupun pemikiran/konseptual dan belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang dalam proses pengajuan untuk publikasi ke media lain dan tidak mengandung unsur plagiat.
  1. Batas toleransi plagiarisme untuk artikel maksimal 35 %
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris/Arab, dengan isi naskah antara 14-18 halaman (termasuk teks, semua tabel, dan gambar, catatan, referensi, dan lampiran yang dimaksudkan untuk publikasi). Naskah ditulis sesuai template jurnal el-Fakhru dengan menggunakan Font-size: Cambria 12, ukuran kertas A4, margin atas: 3 cm, bawah: 2.5 cm, kiri: 2.5 cm, dan kanan: 2 cm. Spasi 1.15 pt.
  3. Naskah ditulis berurutan terdiri dari: Judul, Nama Penulis (tanpa gelar), Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci, Isi, dan Daftar Pustaka.
  4. Judul harus ringkas dan spesifik tidak melebihi 18 kata yang menggunakan Bahasa Indonesia, dan 15 kata yang menggunakan Bahasa Inggris/Arab.
  5. Cantumkan nama penulis, afiliasi kelembagaan, dan alamat email di bawah judul artikel, dan Penulis tidak perlu mencantumkan gelar akademik.
  6. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang terdiri dari 100-160 kata. Yang memuat latar belakang masalah, tujuan, metode, dan hasil penelitian/kesimpulan. Abstrak seringkali disajikan terpisah dari artikel, sehingga harus bisa berdiri sendiri. Oleh karena itu, referensi dan singkatan yang tidak standar atau tidak umum harus dihindari;
  7. Kata kunci/Keywords terdiri dari 2 – 4 kata atau frase yang mencerminkan isi naskah.
  8. El-Fakhru hanya menerima pengiriman elektronik (online). Oleh karena itu, penulis harus masuk sebelum mengirimkan artikel mereka. Naskah dikirim melalui online submission El-Fakhru dengan alamat https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/elfakhru
  9. Sistematika penulisan:
  1. Hasil penelitian, terdiri dari: Judul, Nama Penulis, Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci,mPendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka;
  2. Hasil pemikiran/Konseptual: Judul, Nama Penulis, Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Isi, Kesimpulan, Daftar Pustaka.
  1. Kutipan biasanya hanya membutuhkan nama belakang penulis, tahun terbit, dan (terkadang) nomor halaman. Semua karya yang dikutip harus muncul dalam daftar referensi di akhir artikel dan disusun menurut abjad. Semua catatan harus muncul dalam teks sebagai kutipan (innote). Pengutipan rujukan disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti  Mendeley atau Zotero dan lain-lain serta ditulis dengan sistem sitasi American Psychological Association (APA) 6th Edition.
  2. Daftar Pustaka ditulis secara alfabetis dengan memuat: nama penulis, tahun penerbitan, judul buku/jurnal/majalah diketik miring, kota tempat penerbitan, dan nama penerbit. Daftar rujukan dan referensi adalah daftar kepustakaan terbaru dengan rujukan minimum 40% dari jurnal atau penelitian ilmiah yang saling terkait, di atas tahun 2011. Jumlah rujukan di daftar pustaka minimal 15 pustaka acuan.

                                                                  Transliterasi

Artikel yang dikirimkan menggunakan transliterasi sebagai berikut:

Untuk kata yang memiliki madd (panjang), digunakan formulasi di bawah ini:

 ا  = a

خ = kh

ش = sy

غ = gh

ن = n

ب = b

د = d

ص = sh

ف = f

و = w

ت = t

ذ = dz

ض = dh

ق = q

ه = h

ث = ts

ر = r

ط = th

ك = k

ء = ’

ج = j

ز = z

ظ = zh

ل = l

 ي = ya

ح = h

س = s

ع = ‘

  م = m

 

 

â = a panjang, seperti, al-islâmiyah
î = i panjang, seperti, al-`aqîdah wa al-syarî`ah
û = u panjang, seperti al-dustûr

 

                                             Pedoman Penulisan Daftar Rujukan

Penulisan daftar rujukan dalam Jurnal El-Fakhru menggunakan pola MLA (Modern Language Association). Contoh:

Kitab Suci Al-Qur’an
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Darus Sunnah, 2015.

Buku
Al-Abrasyi, M. ‘Athiyah. Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2003.Al-Rasydin, dan Ja’far. Filsafat Ilmu dalam Tradisi Islam. Medan: Perdana Publishing, 2015.

Artikel/Jurnal
Harahap, Musaddad. "Refleksi Dinamika Kebebasan Akademis dalam Pendidikan Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.1 (2017): 87-103.

Harahap, Musaddad, dan Lina Mayasari Siregar. "Rekontekstualisasi Sejarah: Kontribusi Lembaga Pendidikan Islam terhadap Dakwah Rasulullah SAW." Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 5.2 (2017): 288-308.

Penelitian
Ahmad, Muhammad Yusuf. Model Kepemimpinan Kepala MTs. dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Kota Pekanbaru. Disertasi, UIN Suska Riau, 2018.