PERAN GURU DALAM ADMINISTRASI KURIKULUM

Authors

  • Kamus STAIN Majene
  • Yuni Purnama Sari STAIN Majene

DOI:

https://doi.org/10.46870/elfakhru.v3i1.771

Keywords:

Administrasi Kurikulum, Peran Guru, Implementasi, Curriculum Administration, Teacher's Role, Implementation

Abstract

Administrasi kurikulum adalah semua proses usaha yang telah terencana dan diusahakan secara sengaja dan bersungguh-sungguh serta pembinaan secara berkelanjutan pada kegiatan belajar mengajar secara efektif dan efisien demi mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Adapun tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui seperti apa proses kegiatan administrasi kurikulum dan bagaimana peran guru dalam mengimplementasikan administrasi kurikulum di sekolah. Dalam penulisan artikel ini peneliti menggunakan metode penelitian kajian kepustakaan atau library research yaitu meneliti dengan cara membaca buku yang ada di perpustakaan terkait materi yang akan dikaji dan membaca beberapa artikel atau jurnal terkait. Hasil dari penulisan artikel ini yaitu proses administrasi kurikulum yang meliputi empat komponen penting yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, serta guru yang sabfat berperan penting dalam pengimplementasian administrasi kurikulum, yang dimana guru berperan sebagai implementer (pelaksana kurikulum), adapters (penyelaras kurikulum), developers (pengembang kurikulum) dan researches (peneliti hasil implementasi kurikulum). Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa administrasi kurikulum itu sangat penting dan peran guru sangatlah dibutuhkan dalam pelaksanaan administrasi kurikulum demi tercapainya suatu tujuan pendidikan. Semoga artikel ini dapat menjadi rujukan tambahan untuk penulisan artikel selanjutnya.

Downloads

Published

2024-03-27

Issue

Section

Articles