STRATEGI KOMUNIKASI PT. KIBI GARDEN DALAM PEMASARAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MASA PASCA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dian Fitriana IAIN Parepare
  • Muhammad Yusuf IAIN Parepare
  • Ahmad Sultra Rustan IAIN Parepare
  • Ramli IAIN Parepare
  • Sulvinajayanti IAIN Parepare

DOI:

https://doi.org/10.46870/jkpi.v4i1.952

Keywords:

Strategi Komunikasi, Pemasaran Produk, Pasca Pandemi Covid -19

Abstract

PT. Kibi Garden merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bisnis tanaman hias dan pembuatan taman. Strategi komunikasi pemasaran menjadi sangat penting bagi PT. Kibi Garden untuk tetap berhubungan dengan pelanggan serta meningkatkan penjualan produk pada masa pasca pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran PT. Kibi Garden dalam pemasaran produk untuk  meningkatkan penjualan pada masa pasca pandemi covid-19, serta untuk mengetahui faktor- faktor yang menjadi hambatan PT. Kibi Garden dalam pemasaran produk untuk meningkatkan penjualan  pada masa pasca pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. penelitian ini menggunakan teori Pemasaran Relasional (Relationship Marketing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Kibi Garden menggunakan 3 cara dalam pemasaran produk yaitu, pertama Memperoleh Pelanggan Baru (Acquired), PT. Kibi Garden memberikan pelayanan yang baik dan memberikan beberapa cara dalam merawat dan menanam tanaman yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, selain itu PT. Kibi Garden membuat promosi di sosial media. Kedua Menambah Nilai dari Pelanggan (Enhanced), merekomendasikan beberapa Produk terbaru yang dibutuhkan pelanggan, memberikan kualitas terbaik, harga yang terjangkau serta pelayanan yang baik. Ketiga Mempertahankan Pelanggan (Retain) dengan terus memberikan pelayanan yang terbaik, menjalin hubungan baik dan menerima masukan dan saran dari pelanggan.

Downloads

Published

2024-06-30