PUBLICATION ETHICS

Kewajiban-Kewajiban Penulis
1. Standar-Standar Pelaporan
Penulis naskah artikel harus menampilkan catatan yang akurat, diskusi obyektif, berikut signifikansinya. Data yang dijadikan sebagai acuan harus direpresentasikan dengan akurat. Artikel mencakup detil dan referensi-referensi yang memungkinkan orang lain melakukan replikasi terhadap naskah artikel. Kecurangan atau ketidakakuratan, baik yang dinyatakan secara terbuka atau tidak disengaja, merupakan perilaku tidak etis dan tidak dapat diterima.

2. Akses dan Retensi Data
Penulis mungkin diminta agar menyajikan data mentah dalam kaitannya dengan kepentingan evaluasi editorial. Para penulis harus menyiapkan data yang diminta pada waktu yang ditentukan.

3. Orisinalitas dan Plagiarisme
Penulis harus memastikan bahwa naskah ditulis secara indepen. Bila penulis menggunakan karya dan/atau kalimat penulis lain, maka penulis naskah diharuskan melakukan pengutipan dengan tepat.

 

4. Penghargaan pada Sumber
Penghargaan yang pantas terhadap karya orang lain harus senantiasa diberikan. Penulis harus mengutip publikasi-publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat dari karyanya.

5. Kepengarangan Artikel
Kepengarangan harus dibatasi kepada orang yang memiliki kontribusi signifikan perihal konsepsi, desain, penerapan, dan intepretasi di dalam kajian yang dilaporkan. Semua pihak yang memiliki kontribusi signifikan harus dicantumkan sebagai pengarang bersama. Bila terdapat pihak lain yang turut berpartisipasi pada aspek substantif dari proyek penelitian yang akan dipublikasi melalui SHOUTIKA: Jurnal Studi Komunikasi dan Dakwah, maka mereka harus diberikan penghargaan atau dicantumkan sebagai kontributor. Penulis yang terhubung lewat surel harus memastikan bahwa seluruh penulis bersama yang pantas dimasukkan di dalam artikel serta memiliki akses untuk melihat dan menyetujui naskah final yang akan diterbitkan.

6. Keterbukaan dan Konflik Kepentingan
Semua penulis harus bersikap terbuka tentang finansial naskah atau konflik substantif lainnya yang mungkin dianggap dapat mempengaruhi hasil atau penafsiran terhadap naskah mereka. Semua sumber-sumber dukungan finansial bagi proyek mereka harus diungkapkan.

7. Kesalahan fundamental pada arikel yang terpublikasi
Ketika seorang penulis menemukan kesalahan signifikan di dalam artikelnya yang telah diterbitkan, adalah kewajiban penulis agar segera memberitahukan kepada Penyunting jurnal atau penerbit serta bersikap kooperatif terhadap Penyunting untuk menarik atau memperbaiki artikel tersebut

8. Resiko
Bila substansi artikel menyebutkan bahan-bahan kimia, prosedur, atau peralatan yang memiliki ancaman yang sangat berbahaya, penulis harus menyebutkan hal tersebut dengan jelas di dalam naskahnya.

Kewajiban-Kewajiban Penulis
1. Kesetaraan
Ketika melakukan evaluasi naskah untuk konten intelektual, setiap editor tidak dipekenankan untuk melibatkan petimbangan agama, ras, jenis kelamin, orientasi seksual, etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik dari para penulis.

2. Kerahasiaan
Peyunting dan anggota Tim Penyunting dilarang untuk membuka informasi tentang naskah yang diserahkan kepada siapa pun selain penulis, Penyunting Ahli, penasihat editorial, dan penerbit, sebagaimana layaknya.

 

3. Keterbukaan dan Konflik Kepentingan
Materi-materi yang tidak dipublikasikan, yang terungkap di dalam naskah yang diserahkan, tidak boleh digunakan di dalam penelitian Penyunting tanpa pernyataan dan persetujuan tertulis dari penulis.

4. Kebijakan Publikasi
Penyunting jurnal memiliki tanggung jawab untuk memutuskan artikel yang akan diterbitkan. Para Penyunting dapat memanfaatkan rekomendasi dari Penyunting Ahli sebagai panduan dan dibatasi oleh ketentuan-ketentuan hukum, seperti pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Penyunting dapat berunding dengan Penyunting lainnya atau Penyunting Ahli dalam pengambilan kebijakan.

 

5. Evalusi Naskah
Penyunting harus memastikan bahwa naskah mendapatkan evaluasi orisinalitas terlebih dahulu. Penyunting menyusun dan menggunakan evaluasi dengan adil dan bijaksana. Penyunting harus menjelaskan proses evaluasi di dalam informasi bagi penulis dan menunjukkan bagian-bagian yang dievaluasi. Penyunting harus memanfaatkan Penyunting Ahli yang tepat bagi artikel yang akan diterbitkan dengan memilih orang yang memiliki keahlian serta menghindari orang yang mungkin memiliki konflik kepentingan.

 

Kewajiban-Kewajiban Penyunting Ahli
1. Kontribusi dan Keputusan Penyunting
Penyunting Ahli membantu Penyunting dalam pengambilan keputusan. Adapun penulis dapat terlibat dalam perbaikan naskah artikel melalui komunikasi Penyunting.

2. Kesediaan
Penyunting Ahli yang dipilih, yang merasa tidak memenuhi kualifikasi atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk memberikan evaluasi terhadap naskah, harus memberitahu kepada Penyunting dan memperkenankannya tidak terlibat dalam proses evaluasi.

3. Standar-Standar dan Obyektifitas
Evaluasi harus dilakukan secara obyektif. Kritik personal terhadap penulis artikel tidak dibenarkan. Para Penyunting Ahli harus mengungkapkan pandangan-pandangan mereka secara jelas dan disertai dengan argumen pendukung.

4. Kerahasiaan
Setiap naskah yang diterima untuk dievaluasi harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tersebut tidak akan diperlihatkan atau didiskusikan dengan sesama ahli sebagaimana telah ditentukan oleh redaktur.

5. Keterbukaan dan Konflik Kepentingan
Informasi-informasi dan ide yang istimewa, yang didapatkan melalui evaluasi, harus dijaga kerahasiannya dan tidak digunakan untuk keuntungan personal. Penyunting Ahli diharuskan untuk tidak mempertimbangkan naskah yang memiliki potensi konflik kepentingan yang muncul dari persaingan, kolaboratif, bentuk hubungan lainnya atau koneksi dengan salah satu penulis, perusahaan, atau institusi yang terkait dengan naskah artikel.

6. Penghargaan Sumber
Penyunting Ahli harus menyebutkan terbitan yang relevan namun tidak dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa suatu observasi, derivasi, dan argumen yang telah dilaporkan sebelumnya mesti disertai dengan kutipan yang relevan. Seorang Penyunting Ahli harus meminta perhatian Penyunting terhadap setiap kemiripan substansial atau tumpang-tindih dari naskah yang sedang dipertimbangkan dengan artikel terbitan lainnya yang memiliki pengetahuan personal.

Duties of the Author
1. Reporting Standards
Article writers must present accurate reports, scientific discussions, and their significance. Data that is used as a reference must be represented accurately. Articles include details and references that allow other people to replicate the article script. Fraud or inaccuracy, whether stated openly or unintentionally, is unethical and unacceptable behavior..

 

2. Data Access and Retention
The author may be asked to present raw data in relation to editorial evaluation interests. The authors must prepare the requested data at the specified time.

 

3. Originality and Plagiarism
The author must ensure that the manuscript is written individually. If the author uses the work and/or other writer's sentence, then the scriptwriter is required to quote correctly.

 

 

4. Source Recognition
Appropriate appreciation of the work of others must always be given. The author must cite publications that have influence in determining the nature of his work.

 

5. Authorship Articles
Authorship must be limited to people who have a significant contribution to conception, design, implementation, and interpretation in the reported study. All parties who have significant contributions must be included as co-authors. If there are other parties participating in the substantive aspects of the research project that will be published through SHOUTIKA: Journal of Communication and Da'wah Studies, then they must be given an award or listed as contributors. Authors connected via email must ensure that all appropriate co-authors are included in the article and have access to view and approve the final manuscript to be published.

6. Openness and Conflict of Interest
All writers must be open about financial manuscripts or other substantive conflicts that might be considered to influence the results or interpretation of their texts. All sources of financial support for their project must be disclosed.

 

7. Fundamental errors in published articles
When an author discovers a significant error in the article that has been published, it is the duty of the author to immediately notify the journal editor or publisher and be cooperative with Journal Editors to withdraw or correct the article.

 

8. Risk
If the substance of the article mentions chemicals, procedures, or equipment that have a very dangerous threat, the author must mention this explicitly in the text.

 

Duties of the Editor
1. Equality
When evaluating texts for intellectual content, each editor is not allowed to involve the consideration of religion, race, gender, sexual orientation, ethnicity, citizenship, or political philosophy of the authors.

2. Confidentiality
Editor and members of the Editorial Team are prohibited from disclosing information about the manuscript submitted to anyone other than the author, Expert Editor, editorial advisor, and publisher, as appropriate.

 

3. Openness and Conflict of Interest
Unpublished material, which is disclosed in the manuscript submitted, may not be used in the Editor's research without the written statement and written consent of the author.

4. Publication Policy
Journal editors have the responsibility to decide which articles to publish. Editors can take advantage of recommendations from Expert Editors as a guide and are limited by legal provisions, such as defamation, copyright infringement, and plagiarism. Editors can negotiate with other editors or expert editors in policymaking.

 

 

 

5. Manuscript Evaluates
The editor must ensure that the script gets originality evaluation first. The editor composes and uses evaluations fairly and wisely. The editor must explain the evaluation process in the information for the author and show the parts evaluated. The editor must use the Expert Editor who is right for the article to be published by selecting people who have the expertise and avoid people who might have a conflict of interest.

 

Duties of Expert Editors
1. Editor's Contributions and Decisions
Expert editors help editors in decision making. The authors can be involved in improving the article script through the editor's communication.

 

2. Willingness
The selected Expert Editor, who feels that he does not meet the qualifications or does not have sufficient time to provide an evaluation of the text, must notify the Editor and allow him not to be involved in the evaluation process.

3. Standards and Objectives
Evaluation must be done objectively. Personal criticism of the author of the article is not justified. Expert editors must express their views clearly and be accompanied by supporting arguments.

4. Confidentiality
Each text received for evaluation must be treated as a confidential document. The text will not be shown or discussed with fellow experts as determined by the editor.

 

5. Openness and Conflict of Interest
Special information and ideas, obtained through evaluation, must be kept confidential and not used for personal gain. Expert editors are required not to consider texts that have potential conflicts of interest arising from competition, collaborative, other forms of relations or connections with one of the authors, companies, or institutions related to the article script.

 

6. Source Recognition
PThe Expert Editor must mention the relevant issue but not quoted by the author. Each statement that an observation, derivation, and previously reported argument must be accompanied by a relevant quote. An Expert Editor must ask the Editor's attention for any substantial or overlapping similarities of the text being considered with other published arti