STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT BENTANG PUSTAKA PADA NOVEL DEWI LESTARI “SUPERNOVA”
DOI:
https://doi.org/10.46870/jkpi.v1i1.78Keywords:
Dewi Lestari, Novel Supernova, Strategi Komunikasi PemasaranAbstract
Dewi Lestari Simangunsong yang akrab dipanggil Dee merupakan seorang penulis dan penyanyi asal Indonesia. Sejak menerbitkan novel Supernova yang populer pada tahun 2001, ia kemudian dikenal luas sebagai novelis. PT Bentang Pustaka yang merupakan penerbit Novel Supernova melakukan serangkaian cara untuk memasarkan Novel tersebut dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi Pemasaran PT Bentang Pustaka Pada Novel Dewi Lestari “Supernova”. Metode Penelitian: Peneliti menggunakan metodologi kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi,, dan studi dokumentasi. Peneliti mengidentifikasi bagaimana langkah strategi komunikasi pemasaran berdasarkan langkah-langkah menurut Kotler dan Amstrong (2012: 439) diantaranya (1) Identifiying the Target Audience ,(2) Determine Communication Objective, (3) Design a Message, (4) Choose the Media, (5) Select the Message Source, dan (6) Collect Feedback. Hasil Penelitian: Menunjukkan bahwa Identifiying the Target Audience dari Novel Supernova adalah fans dee lestari dan pembaca novel supernova, dengan range usia 18-40 tahun. Determine Communication Objective PT Bentang Pustaka adalah untuk memasarkan Novel Supernova. Agar mereka (khalayak) mengetahui novel tersebut dan juga tujuan akhirnya terjadi pembelian Novel Supernova. Design a Message disampaikan melalui promosi online di social media dan juga event-event offline seperti launching buku ataupun meet & greet. Choose the Media dibagi kedalam 2 media, yaitu: online dan offline. Select the Message Source Dewi Lestari merupakan Message Source untuk memasarkan Novel Supernova dengan menggunakan berbagai akun pribadi miliknya, seperti: media sosial, website, maupun akun youtube miliknya. Collect Feedback Terdapat 2 media yang progress feedback terus di amati. Yaitu; Media online: analisis statistik dari tiap media online. Dan offline: collect data dari penjualan dilihat dari wilayah penjualan. Kesimpulan: Dari strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT Bentang Pustaka Pada Novel Dewi Lestari “Supernova” telah berjalan dengan efektif.
Kata Kunci : Dewi Lestari, Novel Supernova, Strategi Komunikasi Pemasaran.