PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI PEMASARAN BTN LAPPA MAS SINJAI

Authors

  • Raden Wirawan Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata Bulukumba
  • Andi Nurul Faizah Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata Bulukumba
  • Nurul Akbar Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata Bulukumba

DOI:

https://doi.org/10.46870/jkpi.v3i1.606

Keywords:

Augmented Reality, RAD, SUS, Teknologi Komunikasi, Pemasaran

Abstract

Pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi telah memberikan dampak kemajuan terhadap dunia marketing, salah satu contoh dengan memanfaatkan teknologi augmented reality sebagai alat promosi yaitu aplikasi katalog berupa brosur 3 dimensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat teknologi komunikasi dan informasi pada sistem pemasaran BTN Lappa Mas Sinjai. Metode penelitian menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) adalah model proses pengembangan perangkat lunak yang bersifat incremental terutama untuk waktu pengerjaan yang pendek. Metode ini memiliki langkah-langkah antara lain: (1) Requirements, (2) Analisis, (3) Design, (4) Implementasi, dan (5) Testing. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi berupa teknologi augmented reality dapat membantu seorang marketing dalam memasarkan perumahan pada BTN Lappa Mas Sinjai, konsumen dapat melihat secara langsung bentuk rumah secara 3D dalam brosur atau ARTALOG. Dan sesuai hasil pengujian sistem informasi diperoleh melalui System Usability Scale (SUS) didapatkan bahwa nilai hasil akhir yaitu : 73,4 yang berarti memiliki Grade Scale B dan termasuk dalam kategori Good.

 

Downloads

Published

2023-06-30