STRATEGI PROMOSI PERUMAHAN TIPE 36 dan TIPE 45 BERBASIS DIGITAL 3 DIMENSI
DOI:
https://doi.org/10.46870/jkpi.v3i1.578Keywords:
Komunikasi, Pemasaran, Perumahan, Sketchup, 3 dimensiAbstract
Komunikasi pemasaran merupakan aktivitas yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi dan membujuk pasar sasaran atas perusahaan dan produk agar bersedia menerima, membeli loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk merancang media promosi perumahan tipe 36 dan tipe 45 berbasis digital 3 dimensi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode model Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode ini memiliki enam tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi perumahan tipe 36 berbasis digital 3 dimensi dapat membantu seorang marketing dalam mempromosikan penjualan perumahan dimana konsumen dapat melihat secara langsung bentuk rumah secara 3D hasil rendering sketchup dalam brosur yang telah disisipi marker sesuai dengan hasil pengujian black box yaitu pengujian loading scene, pengujian menu utama dan pengujian menu camera AR, dalam aplikasi tersebut dinyatakan valid atau berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan.