ANALISIS KECAKAPAN LITERASI INFORMASI MAHASISWA DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN

Authors

  • Burhanuddin Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Makmur Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

DOI:

https://doi.org/10.46870/jkpi.v2i2.332

Keywords:

Kecakapan Informasi, Literasi Informasi, Gaya Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bentuk kecakapan literasi informasi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene dalam konteks pembelajar. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode peneltian kualitatif dengan menggunakan instrumen wawancara terhadap responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan mahasiswa STAIN Majene dalam pemanfaatan literasi informasi memerhatikan keandalan sumber referensi internet dalam pembelajarannya, seperti memanfaatkan google scholar sebagai tools pencarian referensi serta menggunakan berbagai macam platform belajar dengan menyesuaikan gaya belajar mereka. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kecakapan literasi informasi mahasiswa sekolah tinggi agama islam negeri majene cukup signifikan. Pemanfaatan internet digunakan untuk mengakses informasi dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran di kelas. Adapun sumber-sumber belajar yang diakses diantaranya adalah google scholar, youtube, dan bolg website melalui mesin pencari google.

Downloads

Published

2022-12-28