PENGARUH KOMUNIKASI DIGITAL E-BANKING TERHADAP PENINGKATAN MINAT NASABAH BERTRANSAKSI ONLINE

Studi pada Bank BTN Cabang Panakukang Makassar

Authors

  • Ahmad Syarif universitas muhamadiyah makassar

DOI:

https://doi.org/10.46870/jkpi.v2i2.272

Keywords:

komunikasi digital, e-banking, transaksi online

Abstract

Perkembangan industri perbankan menuntut untuk memiliki keunggulan yang kompetitif yang pada akhirnya memunculkan fasilitas teknologi informasi berupa e-banking. Komunikasi digital e-banking dilakukan dengan tujuan agar semakin banyaknya minat nasabah bertransaksi online yang tertarik untuk terus menggunakan layanan maupun jasa perusahaan perbankan. Lokasi penelitian dilakukan langsung di Bank BTN Cabang Panakukang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tipe penelitian ini menggunakan analisa regresi linear sederhana dengan maksud mencari pengaruh antara variabel independen (X) dengan variabel dependen (Y), dengan menggunakan pendekatan penelitian asosiatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan jumlah responden sebanyak 97 nasabah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi.

Komunikasi digital berpengaruh positif terhadap minat nasabah bertransaksi online di Bank BTN Cabang Panakukang, dengan nilai Sig. pada pengujian hipotesis, variabel komunikasi digital adalah 0.000 < 0.05 dan nilai t hitung 17.118 > t tabel 1.985. berdasarkan kedua asumsi tersebut komunikasi digital mempengaruhi minat transaksi online dengan nilai koefisien determinasi 0.755 atau dengan persentase 75.5%. Nilai tersebut mengandung arti bahwa variabel terikat (minat transaksi online) dapat diinterpretasikan oleh variabel komunikasi digital sebesar 75.5%.

Downloads

Published

2022-12-28