EFEKTIVITAS STRATEGI MOVIE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX A SMP NEGERI 2 PAMBOANG

Authors

  • muhammad saddang

DOI:

https://doi.org/10.46870/elfakhru.v3i2.965

Keywords:

Kata Kunci: Strategi Movie Learning, Peserta Didik, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana penggunaan strategi pembelajaran film dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IX A SMPN 2 Pamboang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan strategi movie learning, dan mengetahui apakah strategi movie learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain One Grup Pre-Test and Post-Test design. Penelitian ini melibatkan 27 peserta didik kelas IX A SMPN 2 Pamboang. Instrument yang digunakan ialah tes, dan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi movie learning termasuk dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 60,25. Sebaliknya, hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi movie learning termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 78,20. Selanjutnya hasil uji paired sample t-test  menghasilkan nilai sig 0,000 sehingga sig (2-tailed) < α atau (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi movie learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX A SMPN 2 Pamboang.

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles