ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMKN 5 MAJENE

Authors

  • Rahmat Kurniawan sekolah tinggi agama islam negeri majene
  • siti khumairah fikrillah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

DOI:

https://doi.org/10.46870/elfakhru.v3i1.869

Keywords:

strategi, Guru, Kedisiplinan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik  SMKN 5 Majene, 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat starategi guru dalam membentuk kedisiplinan  SMKN 5 Majene. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis  dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik adalah membimbing dan mengarahkan perilaku peserta didik ke arah positif, memperlihatkan perilaku disiplin yang baik pada peserta didik, mengawasi seluruh perilaku peserta didik , mengendalikan seluruh perilaku peserta didik , dan memberikan hukuman atau ganjaran yang sifatnya membangun. Adapun faktor penghambat guru yaitu terdiri faktor internal (kurangya kesadaran diri peserta didik) dan faktor eksternal (keluarga, sekolah, dan masyarakat). Sedangkan faktor pendukung guru yaitu perlunya kerjasama antar sesama guru dan personil disekolah dan kerja sama antara guru dengan orang tua peserta didik.

Downloads

Published

2024-04-12

Issue

Section

Articles