PENERAPAN METODE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI MIPA 1 SMAN 3 MAJENE
DOI:
https://doi.org/10.46870/elfakhru.v3i2.853Keywords:
pembelajaran, jigsaw, minat belajarAbstract
Abstract
Currently, many students have little interest in Islamic Religious Education lessons even though Islamic Religious Education is very important to understand. One of the factors that causes students lack of interest in learning is because learning methods are monotonous and not varied. In this research, the Jigsaw method is expected to increase student’s interest in learning in Class XI MIPA 1 SMAN 3 Majene. The aim of this research is to find out what influence the Jigsaw method has on interest in learning Islamic religious education at XI MIPA 1 SMAN 3 Majene. The research method used is the Classroom Action Research (PTK) method and Library Research related to research. As a result, student’s interest in studying in class.
Keywords: Method, Learning, Jigsaw, Interest in Learning
Abstrak
Saat ini banyak peserta didik yang memiliki minat yang kurang terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam padahal PAI sangat penting untuk dipahami. Salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya minat belajar peserta didik yakni karena metode pembelajaran yang monoton dan tidak bervariasi. Dalam penelitian ini, metode jigsaw diharapkan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di Kelas XI MIPA 1 SMAN 3 Majene. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa pengaruh metode jigsaw terhadap minat belajar Pendidikan agama islam di XI MIPA 1 SMAN 3 Majene. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Library Research yang terkait dengan penelitian. Hasilnya, minat belajar siswa Kelas XI MIPA 1 SMAN 3 Majene terhadap mata pelajaran PAI meningkat yang ditandai dengan hasil refleksi atau evaluasi di kelas.
Kata Kunci: Metode, Pembelajaran, Jigsaw, Minat Belajar