ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MTS RIBATTULMUTA’ALIMIN: PELUANG DAN TANTANGAN
DOI:
https://doi.org/10.46870/elfakhru.v3i1.773Keywords:
Kurikulum Merdeka, Pembelajaran, Peluang, TantanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peluang dan tantangan implementasi kurikulum merdeka belajar dalam proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Ribatulmuta’alimin Pekalongan. Penelitian kualitatif ini mengumpulkan data melalu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata pelaksanaan kurikulum merdeka di MTS Ribatulmuta’alimin pekalongan dilaksanakan pada jenjang kelas VII, sementara kelas VIII dan IX Masih menggunakan kuriulum 2013. Proses pembelajaran menggunakan Model problem based learning, Project based learning dan Inquiri based learning, sementara implementasi Merdeka belajar dilakukan melalui beberapa tahapan. implementasi kurikulum Merdeka di MTS Ribatulmuta’alimin mendapatan respon positif dari seluruh pihak termasuk guru, siswa, dan orang tua. Namun demikian, pelaksanaan kurikulum Merdeka di MTS Ribatulmuta’alimin masih terkendala kurangnya pemahaman tenaga pendidik dan orang tua mengenai kuriulum Merdeka, selain itu masih terbatasnya sarana dan prasarana sekolah juga menjadi tantangan tersendiri dalam implementasi kurikulum Merdeka. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan pengembangan pendidikan di madrasah ini