PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Muliana Madrasah Tsanawiyyah Alkhairaat Tavanjuka

DOI:

https://doi.org/10.46870/elfakhru.v2i2.482

Abstract

Abstrak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pada Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Alkhairaat Tavanjuka yang berjumlah 26 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang dimulai pada bulan Agustus dan berakhir pada bulan November 2021. Hasil awal yang diperoleh pada proses pembelajaran IPS di kelas VIII MTs Alkhairaat Tavanjuka ditemukan bahwa motivasi belajar siswa rendah sehingga mendapat nilai rendah. di bawah standar ketuntasan minimal ketuntasan belajar (KKM). Peneliti melakukan perbaikan hasil belajar dengan menggunakan tipe group investigation untuk meningkatkan nilai siswa berdasarkan standar ketuntasan minimal ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Penulis berhasil melakukan perbaikan proses pembelajaran pada akhir siklus kedua. Dengan penerapan pembelajaran model investigasi kelompok, Target nilai siswa dapat dicapai pada akhir siklus kedua. Target penelitian berhasil dicapai, peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan tercapai pada siklus II.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Group Investigation, Prestasi Belajar.

Downloads

Published

2023-06-28

Issue

Section

Articles