Penggunaan Media Busy Book dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiah Peserta Didik di RA Perwanida 3 Saleppa

Media Pembelajaran, Busy Book, Mengenal Huruf Hijaiah

Authors

  • Nurul Hazirah Hamzah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Zulfianah Sunusi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

DOI:

https://doi.org/10.46870/elfakhru.v4i1.1225

Keywords:

Media Pembelajaran, Busy Book, Mengenal Huruf, Huruf Hijaiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan mengenal huruf hijaiah peserta didik kelompok b di RA Perwanida 3 Saleppa sebelum penggunaan media busy book. (2) Pengetahuan kemampuan mengenal huruf hijaiah peserta didik kelompok b di RA Perwanida 3 Saleppa sesudah penggunaan media busy book. (3) Mengetahui apakah penggunaan media busy book dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiah peserta didik kelompok b di RA Perwanida 3 Saleppa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan bentuk desain one group pre-test dan post-test. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 peserta didik kelompok b RA Perwanida 3 Saleppa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar check list observasi, dan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf hijaiah peserta didik sebelum penggunaan media busy book berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 1,44. Sebaliknya, kemampuan mengenal huruf hijaiah peserta didik sesudah penggunaan media busy book berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 2. Selanjutnya hasil uji Paired Sample t-test menghasilkan nilai sig 0,001 sehingga sig (2-tailed) atau 0,0010,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media busy book dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiah peserta didik kelompok b di RA Perwanida 3 Saleppa.

Downloads

Published

2024-12-27

Issue

Section

Articles