Penerapan Program Tarbiyah Islamiyah dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik

Authors

  • Nur Aulia Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Muhammad Saddang Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Aan Setiawan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Keywords:

Penerapan, Program Tarbiyah Islamiyah, Pembentukan Karakter, Peserta Didik, SD Islam Terpadu Tahfidzul Quran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Program Tarbiyah dalam membentuk karakter peserta didik kelas VI di SD Islam Terpadu Tahfidzul Qur'an Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus. Penelitian ini mengumpulkan data deskriptif melalui observasi dan wawancara mendalam dengan peserta didik, guru, serta murabbi/murabbiyah. Melalui analisis data yang meliputi reduksi, penyajian, dan verifikasi, penelitian ini memberikan pemahaman mendalam mengenai efektivitas program Tarbiyah dalam mengembangkan karakter peserta didik, yang mencakup aspek ruhiyah, akhliyah, dan jazadiyahHasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Tarbiyah Islamiyah di SDIT Tahfidzul Qur'an Majene memberikan kontribusi signifikan dalam pembentukan karakter peserta didik, terutama di kelas VI, dengan pendekatan yang holistik, mencakup aspek ruhiyah (spiritual), akhliyah (intelektual), dan jazadiyah (fisik). Melalui kegiatan seperti sholat berjamaah, mabit, tadarrus Al-Qur'an, serta pembelajaran halaqah yang mendalam tentang akidah, akhlak, dan sirah nabawi, program ini tidak hanya memperkuat iman dan disiplin peserta didik, tetapi juga mengembangkan kepribadian mereka sesuai dengan nilai-nilai Islami. Selain itu, kegiatan fisik dan ekstrakurikuler turut menumbuhkan kerjasama, tanggung jawab, dan sportivitas. Meskipun ada tantangan seperti kurangnya dukungan orang tua dan pengaruh lingkungan, program ini terbukti efektif dalam membentuk generasi yang cerdas, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan hidup, berkat peran aktif murabbi sebagai teladan dan kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan lingkungan.

References

Agus, A. A., & Badaruddin, S. (2020). Pattern of Character Building for Students in Middle School and Islamic Boarding Schools. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(1), 83-92.

Ardiansyah, D., Taufik, O. A., & Basuki, B. (2023). Konsep al-Tilmidz dalam Menuntut Ilmu: Perspektif Ahmad Tsalby dalam Kitab At-Tarbiyah Islamiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 149-161. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11988.

Ariska, K., Wardana, M. I., & Widianto, G. N. (2024). Peran Halaqoh dalam Menanam Adab Orang Tua dan Guru di TPA Dusun Kampung Masjid, Desa Merbau Mataram. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 2(5), 314-321. https://doi.org/10.61722/japm.v2i5.2567.

Asriadi, M., & Badaruddin, S. (2022). Revitalisasi Budaya Lokal dalam Rangka Penguatan Pendidikan Karakter Pada Lingkungan Sekolah (Studi Pada SMP Negeri 3 Minasa Ten’ne Kabupaten Pangkep). Information Technology Education Journal, 1(1), 116-121.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9. 10.47709/jpsk.v3i01.1951

Asyari, A., & Gunawan, I. (2023). Pola Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membentuk Karakter Religius Di Sekolah Dasar. Walada: Journal of Primary Education, 2(1). https://doi.org/10.61798/wjpe.v2i1.26.

Badaruddin, S. U. K. R. I. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Setiap Mata Pelajaran di Tingkat SMPN (Studi pada Lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Bulukumba). Supremasi: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 14(2), 139.

Badaruddin, S., Muhkam, M. F., Syajida, N., & Nurmaida, N. (2024). The Influence of Active Learning By Integrating Religious Moderation Values On PPKN Learning Outcomes By Students. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 9(2), 134-144. https://doi.org/10.26618/jed.v9i2.12851.

Basri, M. H. (2024). Tarbiyah Islamiyah: Konsep dan Strategi Dalam Membangun Generasi Rabbani. Journal of Islamic Religious Studies, 1(2), 116-124. https://www.journal.formadenglishfoundation.org/index.php/Jirs/article/view/52.

Dana, M. A. (2020). At-Tarbiyah Sebagai Konsep Pendidikan dalam Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 6(1), 88-104. https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/138.

Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam: pengertian, tujuan, dasar, dan fungsi. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79-90. https://doi.org/10.17509/tk.v17i2.43562.

Hakim, A., & Herlina, N. H. (2018). Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 111. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.157.

Hasibuddin, H., & Setiawati, N. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Journal of Gurutta Education, 2(2), 98-111. https://doi.org/10.52103/jge.v2i2.1400.

Isnaini, M. (2013). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di madrasah. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 445-450. 10.15548/jt.v20i3.41

Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758-2771. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10090

Jogiyanto, Hartono. (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Semarang; Penerbit Andi.

Muali, C. (2017). Rasionalitas Konsepsi Budaya Nusantara dalam Menggagas Pendidikan Karakter Bangsa Multikultural. Jurnal Islam Nusantara, 1(1), 105-117. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i1.64

Muhyi, A., Surahman, C., & Yuniartin, T. (2024). Konsep Tarbiyah Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis: Implikasinya Bagi Pendidikan Kontemporer. Jurnal Islam Transformatif: Kajian Islam Dan Perubahan Sosial, 1(2), 84-108. https://jurnal.isif.ac.id/index.php/ijin/article/view/34,

Nuralim, N. (2022). Manajemen Kurikulum Sekolah Islam Terpadu. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 3(2), 53-60. https://doi.org/10.32832/itjmie.v3i2.7646,

Sahuri, M. S. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SMP Al Baitul Amien Jember. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 5(2), 205-218. https://doi.org/10.35719/ijit.v5i2.1555.

Saifurrahman, S. (2016). Pembentukan kepribadian muslim dengan tarbiyah islamiyah. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 65-76. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.8.

Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Yogyakarta; Pt Kanisius.

Slamet, S., Hana, M. Y., & Suratman, S. (2023). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis Pendidikan Karakter di Mts Al Mujahidin. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(03), 93-101. https://doi.org/10.58812/spp.v1i03.138

Sutikno, M., & Uyun, M. (2024). Efektifitas Metode Pendidikan Islam Dalam Pendidikan Agama Dan Relevansinya Menghadapi Society Era 5.0. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(2), 411-426. https://doi.org/10.48094/raudhah.v9i2.685.

Tarigan, M., Maulana, S., & Lubis, N. A. (2024). Filsafat Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 197-207. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12364.

Tidjani, A. (2017). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Reflektika, 12(1), 96-133. 10.28944/reflektika.v13i1.74

Tumiran, T., Siregar, B., Agustia, N. R., & Azhari, F. (2024). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Digitalisasi (Studi Kasus di Mas Tarbiyah Islamiyah Kec. Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang). JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 542-551. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i4.32899

Tsani, M. J., & Sauri, S. (2024). Pendidikan Islam: Konsep, masalah, dan solusi. Educatio, 19(1), 184-199. https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.26032.

Zahra, A. S., Widad, S., Salsabila, I. A., & Bakar, M. Y. A. (2024). Integrasi Tarbiyah, Talim dan Ta’dib: Pilar Utama Pendidikan Islam. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(6), 33-48. https://doi.org/10.61722/jmia.v1i6.2819

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Aulia, N., Saddang, M., & Setiawan, A. (2025). Penerapan Program Tarbiyah Islamiyah dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik . Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar &Amp; Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 128–144. Retrieved from https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1350