Implementasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Authors

  • Lilla Septiliana a:1:{s:5:"en_US";s:50:"Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta";}
  • Destia Khairunisa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Implementasi, MBKM, Kurikulum, Kurikulum Merdeka, PGMI

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar terciptanya SDM unggul yang menguasai ragam bidang keilmuan yang bisa diimplementasikan pada dunia kerja dan dunia usaha melalui program MBKM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan masih termasuk ke dalam penelitian literatur (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan observasi, penulis juga menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menggambarkan bahwa desain implementasi kurikulum MBKM di UIN Sunan Kalijaga untuk memenuhi hak mahasiswa ini berlaku untuk mahasiswa outbound internal. Program belajar satu semester di UIN Sunan Kalijaga adalah salah satu program pertukaran mahasiswa antar Program Studi. Program ini ditujukan untuk meningkatkan soft skills dan hard skills yang dimiliki mahasiswa sebagaimana yang terdapat dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) baik pada mata kuliah yang ada di kurikulum program studi maupun sebagai pengayaan yang berbentuk mata kuliah pilihan. Kebijakan hak belajar dua semester di luar UIN Sunan Kalijaga merujuk pada Pasal 15 Ayat 2 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) yang menyebutkan bahwa terdapat empat bentuk pembelajaran di luar prodi. Keempat bentuk pembelajaran tersebut adalah pembelajaran dalam prodi lain pada perguruan tinggi yang sama, pembelajaran dalam prodi yang sama pada perguruan tinggi yang berbeda, pembalajaran dalam prodi lain pada perguruan tinggi yang berbeda, dan pembelajaran pada lembaga non perguruan tinggi.

References

Arifin, S. and Muslim, M. O. H. 2020. Tantangan Implementasi Kebijakan "Merdeka Belajar, Kampus Merdeka" pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi. 3(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.589

Dirjen Kemendikbud. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.

Islam, P. P. T. K. 2020. panduan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Dalam Kurikulum Program Studi.

Junaidi, A. dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Moleong, J, Lexy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, J. Lexy. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Ridwan, Muannif, et al. "Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah." Jurnal Masohi 2.1 (2021): 42-51. 10.36339/jmas.v2i1.427

Siregar, N., Sahirah, R. and Harahap, A. A. 2020. Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education. 1(1), pp. 141-157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Siti Rahmi. Etika dan Estetika dalam Merdeka Belajar. dalam website www.kemenag.go.id, https://kemenag.go.id/read/etika-dan-estetika-dalam-merdeka belajar-lmnke, diposting pada 22 Februari 2022

Soehadha, Moh. 2012. Metode Penelitian Sosial Kualitatif Untuk Studi Agama,. Yogyakarta: SUKA Presss.

Sopiansyah, D. and Masruroh, S. 2022. Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal. 4(1), pp. 34-41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Syarif, Miftah. 2021. Teori dan Konsep Pedagogik. Cirebon: Insania.

Tohir, M. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Universitas Padjajaran. Kampus Merdeka. dalam website www.unpad.ac.id, https://www.unpad.ac.id/newstudents/kampus-merdeka/, 2020

Zubair, Charris, Achmad, dan Bakker, Anton. 1990. Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Zaenuri. 2022. Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM) Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Intidaiyah di Yogyakarta. Tesis. Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Septiliana, L., & Khairunisa, D. . (2024). Implementasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar &Amp; Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 16–33. Retrieved from https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1200