Akreditasi Perguruan Tinggi Di Era Society 5.0: Tantangan dan Solusi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46870/jstain.v5i2.817

Keywords:

Akreditasi, Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Era Society 5.0

Abstract

Artikel ini membahas peran kunci akreditasi perguruan tinggi dalam menghadapi era Society 5.0, di mana perubahan teknologi dan kompleksitas masyarakat menciptakan tantangan baru. Melalui metode studi pustaka, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana akreditasi dapat disesuaikan dengan dinamika era baru, memastikan kualitas dan relevansi pendidikan tinggi. Penerapan akreditasi menjadi penting sebagai solusi dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi ketidakpastian dan perubahan yang cepat di era Society 5.0. Artikel ini menyoroti dampak akreditasi dalam menjaga standar kualitas, mendorong inovasi kurikulum, memberikan manfaat berkelanjutan, dan memberikan jaminan kepada mahasiswa dan masyarakat. Kesimpulannya, akreditasi memainkan peran krusial dalam memastikan perguruan tinggi tetap adaptif, relevan, dan berkualitas di tengah transformasi masyarakat dan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri Irawan, Dedy Prasetya Kristiadi, Sutrisno, and Theo Ageng Mahardi. 2023. “Strategy Perguruan Tinggi Menghadapi Masa Transisi Menuju Society 5.0 Berdasar Rantai Nilai Potter (Case Study School of Technopreneur Nusantara).” Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi (SINTEK) 3 (1): 1–7. https://doi.org/10.56995/sintek.v3i1.49.

Anshari, Muhammad Rashif. 2021. “Fungsi Penilaian Instrumen Akreditasi Bagi Institusi Perguruan Tinggi Baru.” Al-Adl : Jurnal Hukum 13 (2): 391. https://doi.org/10.31602/al-adl.v13i2.3127.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. 8th ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara.

Aristya, Septian, Sugeng Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran, Mahasiswa Program Pasca Sarjana, Uin Sultan Aji Muhammad Idris, and Uin Sultan Aji. 2023. “CIPP: Implementation of the Educational Evaluation Model.” Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran 5 (1): 72–81. https://doi.org/10.52647/JEP.V5I1.84.

Asmani, Jamal Ma’ruf. 2011. Tips Praktis Membangun Dan Mengolah Administrasi Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

BAN-PT. 2020. “Peraturan-BAN-PT-Nomor-1-Th-2020,” 1–11. https://www.its.ac.id/kpm/wp-content/uploads/sites/93/2020/03/Peraturan-BAN-PT-Nomor-1-Th-2020-FINAL.pdf.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. “MBKM Guidebook,” 1–42.

Dwi, Anugrah. 2023. “Tujuan Dan Manfaat Akreditasi - UMSU Kampus Terbaik.” 2023. https://fkip.umsu.ac.id/2023/08/01/akreditasi-pengertian-tujuan-dan-manfaatnya/.

Habiburrahman. 2018. “Mengapa Akreditasi Penting.” Banpaudpnf.Kemdikbud.Go.Id. https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/berita/mengapa-akreditasi-penting.

Illah Sailah (Ditjen Dikti). 2014. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan.

K. Laila dan Hendriyanto. 2021. “Menyiapkan Pendidik Profesional Di Era Society 5.0. Direktorat Sekolah Dasar.” https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society-50.

Koesoema, Doni. 2019. “Transformasi Kurikulum.” Media Indonesia, 2019. https://mediaindonesia.com/kolom-pakar/269342/transformasi-kurikulum.

Kristantyo Wisnubroto. n.d. “Indonesia.Go.Id - Kurikulum Untuk Mitigasi Ketertinggalan Pembelajaran.” Accessed September 28, 2023. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/4234/kurikulum-untuk-mitigasi-ketertinggalan-pembelajaran?lang=1.

Mayumi Fukuyama. 2018. “Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society.” Japan SPOTLIGHT, no. August: 8–13.

“Mendorong Inovasi Dan Kemajuan Teknologi Di Indonesia.” n.d. Accessed October 11, 2023. https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/mendorong-inovasi-dan-kemajuan-teknologi-di-indonesia/.

Pemerintah Republik Indonesia. 2014. “Peraturan Pemerintah (PP) Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.” Standar Nasional Pendidikan, 37. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5441/pp-no-4-tahun-2014.

“Perspektif MBKM Dalam Pendidikan Tinggi - Universitas Muhammadiyah Metro.” n.d. Accessed September 25, 2023. https://ummetro.ac.id/perspektif-mbkm-dalam-pendidikan-tinggi/.

Presiden Republik Indonesia. 2015. PP No 13 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara RI.

Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. 2021. “Menghadapi Era Society 5.0, Perguruan Tinggi Harus Ambil Peran.” Universitas Widya Mataram. 2021. https://new.widyamataram.ac.id/content/news/menghadapi-era-society-50-perguruan-tinggi-harus-ambil-peran.

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2 (1): 1–8.

Republik Indonesia. 2022. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan.” Jdih.Bpk Ri, 1–89. Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2022.

Rivalina, Rahmi, and Sudirman Siahaan. 2020. “Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran: Kearah Pembelajaran Berpusat Pada Peserta Didik.” Jurnal Teknodik 0 (2 SE-Articles): 73–87. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.690.

Rokhzi, Mokh Fatkhur. 2015. “Pendekatan Sejarah Dalam Studi Islam.” Modeling: Jurnal Program Studi PGMI 2: 85–94. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:218079568.

Rusmini. 2015. “Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Tinggi Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia.” Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 11–24.

Rustandi, Dwi. 2020. “Penggunaan Teknologi Pembelajaran Sebagai Bagian Hadapi Kondisi Kenormalan Baru Dunia Pendidikan Tinggi.” Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2020. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/penggunaan-teknologi-pembelajaran-sebagai-bagian-hadapi-kondisi-kenormalan-baru-dunia-pendidikan-tinggi/.

Sekretariat Website JDIH BPK RI. 2020. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Akreditasi Program Studi Dan Perguruan Tinggi,” no. 49: 2013–15.

Septian Aristya, Rachmat Soe’oed, and Khojir. 2022. “Islamization of Science in the Era of Society 5.0.” AL-MUTSLA 4 (2): 186–200. https://doi.org/10.46870/jstain.v4i2.356.

Setiawan, Agus. 2020. “Kebijakan BAN PT Tentang Akreditasi Program Studi (APS 4.0),” no. November. https://www.lpmu.upj.ac.id/userfiles/files/Kebijakan IAPS 4.0.pdf.

Stefany, Stella. 2022. “Utilisasi Teknologi Dalam Pendidikan Tinggi Di Indonesia, Dosen Siap Berubah?” Media Indonesia. 2022. https://mediaindonesia.com/opini/503416/utilisasi-teknologi-dalam-pendidikan-tinggi-di-indonesia-dosen-siap-berubah.

“Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.” 2022, 1–42. https://www.mkri.id/public/content/infoumum/regulation/pdf/UUD45 ASLI.pdf.

Wardani, Cut K. n.d. “Aktifitas Kegiatan Pelatihan ALFHE: Sasaran.” Accessed September 28, 2023. www.dbe-usaid.org.

Yaraş, Zübeyde, and Fikriye Kanatlı Öztürk. 2021. “Society 5.0 in Human Teknology Integration : Digital Transformation In Educational Organization.” International Journal of Progressive Education 18 (1): 2022. https://doi.org/10.29329/ijpe.2022.426.26.

Downloads

Published

30-12-2023

How to Cite

Septian Aristya, & Muchammad Eka Mahmud. (2023). Akreditasi Perguruan Tinggi Di Era Society 5.0: Tantangan dan Solusi. AL-MUTSLA, 5(2), 405–424. https://doi.org/10.46870/jstain.v5i2.817