Pengaruh Pesan Nonverbal Ustadz Abdul Somad (UAS) Terhadap Peningkatan Pemahaman Agama Mahasiswa STAIN Majene
DOI:
https://doi.org/10.46870/jstain.v4i2.686Keywords:
Pesan NonVerbal, Ustadz Abdul Somad, Pemahaman AgamaAbstract
Salah satu tujuan utama dakwah adalah seefektif mungkin dengan mad’u. Hal tersebut dapat tercapai dengan adanya pemahaman mad’u mengenai isi ceramah. Salah satunya Ustadz Abdul Somad atau yang lebih dikenal dengan sebutan UAS merupakan seorang pendakwah dan ulama Indonesia yang sering menjelaskan kajian agama Islam, khususnya kajian terkait ilmu hadis dan ilmu fikih. Dengan memiliki ketrampilan dalam berbicara serta didukung dengan komunikasi nonverbal menjadikan UAS dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat karena dakwah yang disampaikannya lugas dan mudah dipahami. Ceramah UAS tidak hanya disukai di kalangan orang tua saja melainkan juga banyak digandurungi dikalangan generasi muda sekarang khususnya mahasiswa. Oleh karenanya, peneliti tertarik untuk meneliti tingkat pemahaman agama mahasiswa STAIN Majene setelah menonton video UAS dari aspek pesan nonverbalnya. Tulisan ini menggunakan metode korelasi. Metode korelasi sebab akibat dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pesan nonverbal Ustadz Abdul Somad (UAS) terhadap peningkatan pemahaman agama mahasiswa STAIN Majene.
Downloads
References
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bimo. (2018). 8 Pengertian Komunikasi Nonverbal Menurut Para Ahli. Pakar Komunikasi.
Cooper, D. R. (1999). Metode Penelitian Bisnis, alih Bahasa Widyono Soecipto dan Uka Wikarya, Jilid 11. Jakarta: Erlangga.
Dairi, R. (2010). Metodologi Penelitian Berbasis Kompetensi. Pekan Baru: UIR Press.
Deza, D. P. (2019). Pengaruh Pesan Dakwah Ustaz Abdul Somad terhadap Pemahaman Keagamaan Jamaah Pengajian Di Kota Pekanbaru. Jom fisip Vol. 6: Edisi II, 4-5.
Effendi, S. d. (1987). Metode Penelitian Survai. PT. Pustaka LP3ES: Jakarta.
Fatmawati, N. (2020). Berkomunikasi Secara Efektif, Ciri Pribadi yang Berintegritas dan Penuh Semangat. Kementrian Keuangan Republik Indonesia.
Fauzi, A. (2018). Gaya Retorika Dakwah Ustadz Abdul Somad. Skripsi, 6.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hafizhuddin, M. (2019). Bab II Landdasan Teori, DefinisI Mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Hasan, M. d. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Asara.
Herlina. (2015). Komunikasi Nonverbal. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/196605162000122-HERLINA/IP-TM5_KOMUNIKASI_NONVERBAL.pdf
Hikmah, D. N. (2010). Komunikasi Nonverbal. Ilmu Komunikasi UNIKOM, 2.
Kurniati, D. P. (2016). Modul Komunikasi Verbal dan Non Verbal. Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, 22.
Malhotra. (2005). Riset Pemasaran. Jilid I. Edisi 4. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Nurdiansyah. (2019, Juli). Biografi Ustadz Abdul Somad, Dari Masa Kecil Hingga Menjadi Ustadz Kondang. Retrieved from https://www.biografiku.com/profil-dan-biografi-ustadz-abdul-somad- beserta-biodata/
Parammitha, D. (2016). Bab 2, Jenis Komunikasi. UNPAS, 31.
Porter, L. A. (1991). Communication Between Culture. Belmont, California: Wadsworth.
Pratiwi. (2010). Pola Asuh Anak Pada Pernikahan Beda Agama. Tanggerang: GunaDarma.
Santoso, I. F. (2020). Pengaruh Komunikasi Nonverbal Ustadz Farid Aziz terhadapa Pengetahuan Agama Jamaah Majelis Ta'lim Tuli Indonesia. Skripsi, 17-27.
Shihab, M. Q. (2007). Membumikan Al Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.
Sudjiono, A. (1996). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.