JOSEPH SCHACHT DAN SISTEM ISNAD

Pandangannya dan sanggahan A‘zhami terhadapnya

Authors

  • Muhammad Yunan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Keywords:

Islam, sanad, Isnad, West, Orientalist, Schacht, A'zhami

Abstract

Seorang sarjana Barat bernama Joseph Schacht, seorang orentalis berdarah Yahudi, pada tahun 1950 muncul menerbitkan hasil penelitiannya dalam bidang hadis. Konon penelitiannya itu memakan waktu 10 tahun. Karya tersebut bagi para orientalis adalah menjadi karya yang dianggap penting. Pandangan miringnya yang tidak mengakui keabsahan sanad hadis yang ia ulas di dalam bukunya beruaha menggiring pembacanya untuk mengabaikan bukti-bukti yang menjelaskan tentang otentisitas sistem isnad dalam kajian kesarjanan muslim. Merespon pandangan tersebut, seorang ulama hadis kontemporer bernama Muhammad Mustafa Al- A’zhami tampil memberikan sanggahan terhadap kekeliruan-kekeliruan pemikiran pengkaji hadis dari kalangan orentalis, khususnya kekeliruan-kekeliruan Schacht tentang sistem isnad tersebut. Tulisan ini menyuguhkan pemikiran Schacht dan bantahan  A’zhami atasnya lewat pendekatan kualitatif. Menariknya, bangunan pemikiran Schacht berhasil dirubuhkan oleh  A’zhami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Ahmad. “Konsep Ta’dib Syed Muhammad Naquib Al-Attas Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam.” AN NUR: Jurnal Studi Islam 13, no. 1 (2021): 32–50. https://doi.org/10.37252/an-nur.v13i1.98.

Al-Attas, Naquib. Aims and Objectives of Islamic Education. Jeddah: King Abdul Aziz University, 1979.

Al-Faruqi, Ismail Raji. Islamisasi Pengetahuan, Terj. Anas Mahyudin. : Bandung: Pustaka., 1995.

Azyumardi Azra, “Dari Arabisme Ke Khilafatisme: Kasus Ismail al-Faruqi” Dalam Pergolakan Politik Islam: Dari Fundamentalisme, Modernisme Hingga Postmodernisme. Jakarta: Paramadina, 1996.

Darani, Nurlia Putri. “Kewajiban Menuntut Ilmu Dalam Perspektif Hadis.” Jurnal Riset Agama 1, no. 1 (2021): 133–44. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14345.

Daud, Wan Mohd Nor Wan. The Educational Phylosophy and Practices of Syed Muhammad Naquib Al- Attas Terj. Hamid Fahmi, Dkk. Bandung: Mizan, 2003.

Daud, Wan W.M.N. Filsafat Dan Praktek Pendidikan Syed Naquib Al-Attas. Edited by Hamid Fahmy Dkk. Bandung: Mizan, 2003.

ditpsd.kemdikbud.go.id. “Society 5.0.” https://campus.quipper.com/kampuspedia/society-5-0, n.d. https://campus.quipper.com/kampuspedia/society-5-0.

Education), N Septiana - JIE (Journal of Islamic, and undefined 2020. “Kajian Terhadap Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi Tentang Islamisasi Sains.” Ejournal.Stitmuhbangil.Ac.Id 20 (2020).

Faruqi, Ismail Raji. Al. Islamization of Knowledge: General Principle and Work Plan. Virginia: International Institute of Islamic Thought., 1989.

Garwan, Muhammad Sakti. “Urgensi Islamisasi Ilmu Syed Naquib Al-Attas Dalam Upaya Deskonstruksi Ilmu Hermeneutika Al-Qur’an.” Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 21, no. 2 (2019): 125. https://doi.org/10.22373/substantia.v21i2.5668.

Ghoni, Abdul. “Pemikiran Pendidikan Naquib Al-Attas Dalam Pendidikan Islam Kontemporer.” Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi 3, no. 1 (2017): 196–215.

Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam: Gagasan-Gagasan Para Ilmuwan Muslim. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Islam, Universitas, Zainul Hasan, and Genggong Probolinggo. “Implikasi Konsep Islamisasi Ilmu Pengetahuan Ismail Raji Al-Faruqi.” Ejournal.Unzah.Ac.Id 3 (n.d.): 2548–4400. https://doi.org/10.36835/humanistika.v6i1.319.

Ismail Raji al-Faruqi dan Lois Lamya al-Faruqi. The Cultural Atlas of Islam, Edisi Indonesia, Atlas Budaya Islam. Bandung: Mizan, 2000.

Maky, Ahmad Yazid Hayatul. “Nilai Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islamisasi Dan Integrasi Ilmu (Ismail Raji Al Faruqi, Syed Muhammad Naquib Al Attas, Amin Abdullah).” Cross-Border 4, no. 2 (2021): 732–50.

Mayumi Fukuyama. “Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society.” Japan SPOTLIGHT, no. August (2018): 8–13.

Muhajir, MSI. “Konsep Islamisasi Sains Menurut Ismail Raji Al-Faruqi.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2014, 200.

Putra, Aris Try Andreas. “KONSEP PEMIKIRAN ISMAIL RAJI AL FARUQI (Dari Tauhid Menuju Integrasi Ilmu Pengetahuan Di Lembaga Pendidikan).” Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 6, no. 1 (2020): 20. https://doi.org/10.31332/zjpi.v6i1.1827.

Sunardin. “Manusia Membutuhkan Agama Di Masyarakat.” Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat 4, no. 1 (2021): 13. https://doi.org/10.24853/ma.4.1.1-28.

Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Islam Dan Sekularisme. Bandung: Institut Pemikiran Islam dan Pembangunan Insan, 2010.

Syed Muhammad Naquib Al-Attas, The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Educaton (ABIM, Kuala Lumpur, 1980) Diterjemahkan Oleh Haidar Baqir, Konsep Pendidikan Dalam Islam; Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka, 1984.

Zainuddin. Seluk Beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Downloads

Published

30-12-2022

How to Cite

Muhammad Yunan. (2022). JOSEPH SCHACHT DAN SISTEM ISNAD: Pandangannya dan sanggahan A‘zhami terhadapnya. AL-MUTSLA, 4(2), 237–249. Retrieved from https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/almutsla/article/view/546