Teknologi Komunikasi: Komunikasi Massa & Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.46870/jstain.v7i1.1388Keywords:
Teknologi komunikasi; Komunikasi massa; GlobalisasiAbstract
Teknologi komunikasi telah mengubah cara masyarakat mengakses, menyebarkan, dan memahami informasi melalui media digital yang bersifat cepat, interaktif, dan melampaui batas geografis. Media sosial, situs berita daring, dan aplikasi komunikasi menciptakan ruang baru untuk pertukaran informasi secara instan dan lintas budaya. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknologi komunikasi terhadap komunikasi massa, dampak ketimpangan digital terhadap partisipasi global, serta tantangan yang dihadapi media tradisional dalam bersaing dengan platform digital. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun teknologi komunikasi membuka peluang besar untuk konektivitas global dan distribusi informasi yang lebih luas, tantangan seperti penyebaran misinformasi, ketimpangan akses teknologi, rendahnya literasi digital, dan penurunan kualitas berita tetap memerlukan perhatian serius serta kolaborasi berbagai pihak untuk menciptakan ekosistem informasi yang inklusif dan berkelanjutan.
Downloads
References
Alamsyah, Ilham Lucky, Nur Aulya, and Siti Handayani Satriya. 2024. “Transformasi Media Dan Dinamika Komunikasi Dalam Era Digital : Tantangan Dan Peluang Ilmu Komunikasi.” Jurnal Ilmiah Research Student 1 (3): 168–81. https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.554.
Amar, Muhammad Ikhwan, Abrar Mpandi, and Rabiahtul Adawiah. 2024. “‘ Transformasi Media Analog Ke Media Digital Sebagai Upaya Adaptasi ( Analisis Konvergensi Media )’” 8 (7): 379–88.
Arifin, Muhammad Husni. 2017. “Internet, Ketimpangan Digital, Dan Kebijakan Inklusif.” Repository.Ut.Ac.Id, 3–15. http://repository.ut.ac.id/7203/1/fhisip2017-01.pdf.
Ariyanti, Sri. 2015. “Studi Pengukuran Digital Divide Di Indonesia.” Buletin Pos Dan Telekomunikasi 11 (4): 281. https://doi.org/10.17933/bpostel.2013.110402.
Fakhruroji, Moch, Betty Tresnawaty, A S Haris Sumadiria, and Enok Risdayah. 2020. “Strategi Komunikasi Publik Penanganan COVID-19 Di Indonesia: Perspektif Sosiologi Komunikasi Massa Dan Agama.” LP2M UIN Sunan Gunung Djati 1 (1): 1–11.
Fuaddah, S. n.d. “Dampak Perubahan Sosial Dan Ekonomi Terhadap Pola Konsumsi Masyarakat Urban Di Era Digital.” Osf.Io. https://osf.io/preprints/8npaq/.
Gumilar, Gumgum. 2001. “Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Tantangan Globalisasi.” Majalah Ilmiah UNIKOM 1 (2): 6267.
Gushevinalti, Gushevinalti, Panji Suminar, and Heri Sunaryanto. 2020. “Transformasi Karakteristik Komunikasi Di Era Konvergensi Media.” Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi 6 (01): 083. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i01.2069.
Hasan, Kamaruddin, Asmaul Husna, and Dwi Fitri. 2023. “Transformasi Komunikasi Massa Era Digital Antara Peluang Dan Tantangan.” JPP Jurnal Politik Dan Pemerintahan 8: 41–55.
Jayanthi, Ria, and Anggini Dinaseviani. 2022. “Kesenjangan Digital Dan Solusi Yang Diterapkan Di Indonesia Selama Pandemi COVID-19.” JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi 24 (2): 187–200. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.187-200.
Muqsith, Munadhil Abdul. 2021. “Teknologi Media Baru: Perubahan Analog Menuju Digital.” Adalah 5 (2): 33–40. https://doi.org/10.15408/adalah.v5i2.17932.
Supriyadi, Supriyadi. 2017. “Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan.” Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan 2 (2): 83. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476.
Suyasa, I Made, and I Nyoman Sedana. 2020. “Mempertahankan Eksistensi Media Cetak Di Tengah Gempuran Media Online.” Jurnal Komunikasi Dan Budaya 1 (1): 56–64. https://doi.org/10.54895/jkb.v1i1.314.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AL-MUTSLA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.