PROBLEMATIKA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKUUM MERDEKA BELAJAR DI SD ISLAM TERPADU TAHFIDZULQUR’AN LEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.46870/jstain.v6i1.1091Keywords:
Problematika, Kurikulum MerdekaAbstract
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar memunculkan berbagai tantangan bagi guru dalam menyesuaikan jenis asesmen dengan tujuan pembelajaran, mengatasi keterbatasan pemahaman terkait kurikulum baru, dan memperoleh keterampilan dasar seperti penggunaan teknologi informasi. Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Islam Terpadu Tahfidzul Qur'an menunjukkan adanya kesulitan dalam efektivitas guru dan pemahaman terhadap materi ajar. Langkah-langkah seperti pelatihan implementasi kurikulum, perencanaan yang baik, pengembangan model pembelajaran inovatif, serta penyesuaian dengan kompetensi dasar kurikulum menjadi kunci dalam mengatasi problematika tersebut. Observasi di SD tersebut menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dilakukan secara bertahap, dengan kelas tertentu sudah mulai menerapkannya. Dengan kolaborasi antara pemerintah, guru, dan stakeholder pendidikan, diharapkan implementasi Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan peserta didik menghadapi masa depan.
Downloads
References
Approcahes, Edisi Keempat (United State of America: Sage Publications, 2014), h.15.
Enjelli Hehakaya, Delvyn Pollatu, Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, Vol. 3, No. 2, Jurnal Pendidikan DIDAXEI, (2023).
Erwin Simon Paulus Olak Wuwur, Problematika, Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar, Vol. 3, No. 1, Jurnal Soko Guru,(2023).
Friska Ria Sitorus, Kasih Kristina Waruwu, dkk, Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas, Vol. 01, No. 06, Jurnal Pendidikan West Science, (2023).
John W Creswell, Research Design, Qqualitatives, Quantitative, and Mixed Methods
John w creswell. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed ( Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2014) h.50
Mei Nur Rusmiati, Riswati Ashifa, dkk, Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar, Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, (2023)
Mutiaramses Dkk, Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar
Siswa Sekolah Dasar Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 1 (2021) h.45
Roos M.S. Tuerah dan Jeanne M. Tuerah Kurikulum Merdeka Dalam Persfektif Kajian Teori Analisis Kebijakan Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah, Jurnal ilmiah wahana Pendidikan vol. 9 no 19 (2023) h.980-982
Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D Edisi 2, Cetakan 1 (Bandung: Alfabeta, 2019) h.18
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2016), h. 26.
Windayanti, Mihrab Afnanda, Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka, Vol. 06, No. 01, Journal on Education, (2023).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 AL-MUTSLA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.