KUALITAS STRATEGI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMK RADEN RAHMAT MOJOKERTO

Authors

  • Edy Institut Pesantren KH Abdul Chalim
  • Sigit Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
  • Nurfitri Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

DOI:

https://doi.org/10.46870/elfakhru.v3i1.656

Keywords:

Kualitas, Strategi, PPDB

Abstract

Banyak sekolah yang tidak mampu merekrut peserta didik dan berakhir penutupan sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis (1) kualitas formulasi, (2) kualitas implementasi, (3) kualitas pengendalian, dan (4) kualitas produk strategi rekrutmen peserta didik di SMK Raden Rahmat.

Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian yaitu SMK raden Rahmat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian yaitu kepala sekolah, panitia PPDB, OSIS dan karang taruna. Teknik analisis data yaitui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas (1) formulasi strategi rekrutmen peserta didik SMK Raden Rahmat dilihat dari langkah menetapkan visi misi PPDB, mendeteksi ancaman peluang, kelemahan dan kekuatan, menentukan strategi PPDB, (2) implementasi strateginya yaitu pemilihan ketua panitia PPDB, pembentukan panitia PPDB, rapat koordinasi, publikasi, pendaftaran, seleksi, pengumuman hasil penerimaan, pendaftaran ulang, (3) pengendalian strateginya dengan bekerja sama dengan OSIS dan karang taruna, menyiapkan dua pengawas ruang ujian, ruangan ujian dadakan, menambah kapasitas internet; melakukan evaluasi kerjasama OSIS dalam pelaksanaan seleksi, (4) produknya ditentukan berdasarkan syarat lulus dalam seleksi tes akademik, fisik dan wawancara.

Downloads

Published

2024-03-10

Issue

Section

Articles