Resepsi Organisasi Masyarakat Nahdlatul Ulama dan Wahdah Islamiyah terhadap Cadar di Kabupaten Majene

(Studi Living Qur’an)

Authors

  • Nur Afni Octaviani Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene, Indonesia
  • Muhammad Nasir Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene, Indonesia
  • Muhammad Yunan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46870/jiat.v6i1.958

Keywords:

Resepsi, Cadar, Nahdhatul Ulama, Wahdah Islamiyah

Abstract

Controversial debate surrounding the veil and its prohibition in several institutions in Indonesia. Employing a qualitative approach and a descriptive comparative method, primary data is obtained from the organizations' officials, while secondary data involves relevant literature. Data collection methods include observation, interviews, and documentation, with analysis using Hans Robert Jauss' reception theory. Nahdlatul Ulama sees the veil not as an obligation in Islam but as a pre-Islamic tradition. They emphasize the importance of covering the aurat according to specified conditions, irrespective of the model of aurat covering. Conversely, Wahdah Islamiyah considers the veil a duty and recommendation to preserve the honor of Muslim women. The research findings indicate that Nahdlatul Ulama is oriented towards the Quran, hadith, fiqh books, ijma, and qiyas, following the Shafi'i school, while Wahdah Islamiyah relies on the Hambali school and classical interpretations of related verses. Both organizations agree that the essence of wearing the veil lies in the purity of the heart and choosing clothing in accordance with religious norms.

 

Penelitian ini mengevaluasi pandangan Nahdlatul Ulama dan Wahdah Islamiyah terhadap cadar di Majene menggunakan metode Living Qur'an. Fokusnya pada perdebatan kontroversial seputar cadar dan pelarangan di beberapa instansi di Indonesia. Dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif komparatif, data primer diperoleh dari pengurus ormas, sedangkan data sekunder melibatkan literatur terkait. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis menggunakan teori resepsi Hans Robert Jauss. Nahdlatul Ulama melihat cadar bukan kewajiban Islam, melainkan tradisi pra-Islam. Mereka menekankan pentingnya menutup aurat sesuai syarat, tanpa memandang model penutup aurat. Wahdah Islamiyah, sebaliknya, menganggap cadar sebagai kewajiban dan anjuran untuk menjaga kehormatan wanita Muslim. Hasil penelitian menunjukkan Nahdlatul Ulama berorientasi pada al-Qur'an, hadis, kitab fiqih, ijma, dan qiyas, mengikuti mazhab Imam Syafi'i, sementara Wahdah Islamiyah berlandaskan pada mazhab Hambali. Keduanya sepakat bahwa inti penggunaan cadar adalah kebersihan hati dan pemilihan pakaian sesuai norma agama.

References

Buku ;

Affiah, Neng Dara. Islam, Kepemimpinan Perempuan, Dan Seksualitas, Jakarta: Pustaka Obor Indonesia, 2017.

Ahmad ‘ubaydi Hasbillah, Ilmu Living Qur’an-Hadis, Banten: Yayasan Waqaf Darus-Sunnah, 2021.

Almansur, M. Djunaidi Ghony dan Fauzan Metode Penelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Azra, Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII: Akar Pembahasan Islam Indonesia, Jakarta: Kencana, 2004.

Baidan, Nashruddin Metode Penafsiran Al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011.

Baidan, Nashruddin. Metode Penafsiran Al-Qur’an: Kajian Kritis terhadap Ayat-ayat yang Beredaksi Mirip, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Badan Pusat Statistika Kabupaten Majene 2022, “Statistika Daerah Kabupaten Majene”, katalog : UD. Areso, No. 1101002.7601, 2022.

Basuki. Cara Mudah Menyusun Proposal Penelitian: Dengan Pendekatan Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Felicha, 2011.

Bodi, Muh. Idham Khalid. Koroang Mala’bi; Al-Qur’an Terjemahan Bahasa Mandar dan Indonesia, Makassar:Balitbang Agama, 2019.

Cholid, Narboko. “Metode Penelitian; memberi bekal teoritis pada mahasiswa tentang metodologi penelitian serta diharapkan dapat melaksanakan penelitian dengan langkah-langkah yang benar”, Jakarta: Bumi Askara, 2015.

al-Darimi, Abu Muhammad Abdullah bin Abdurrahman bin al-Fadli bin Bahram bin Abdul S homad. Musnad al-Darimi al-Ma'rufi, Cetakan: pertama, jilid 3, No. hadis 2218.

Dewi, Subkhani Kusuma. Fungsi Performatif dan Informatif Living Hadis dalam Perspektif Sosiologis Reflektif, Jurnal Living Hadis 2, Vol. 6, No. 2, 2017.

Engineer, Asghar Ali. Tafsir Perempuan (Wacana Perjumpaan al-Qur’an, Perempuan dan Kebudayaan Kontemporer) cetakan pertama, Yogyakarta:IRCiSoD, 2022.

Ali bin Sa’id al-Ghamidi, Fikih Wanita panduan ibadah wanita lengkap & praktis, Solo: Aqwam, 2020.

Haidar, Salim “penelitian pendidikan (metode, pendekatan dan jenis”, (Jakarta: Kencana, 2019.

Haris, Mohammad Akmal. Implikasi Penggunaan Jilbab, Indramayu: CV. Adamu Abimata, 2021.

Hasbillah, Ahmad ‘ubaydi. Ilmu Living Qur’an-Hadis, (Banten: Yayasan Waqaf Darus-Sunnah, 2021.

Juneman, Psychology Of fashion Fenomena Perempuan Melepas Jilbab, Yogyakarta: LKis, 2010.

Katsir, Ibnu. Syaikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfury, Tafsir Ibnu katsir Jilid 8, Bandung:Sygma Creative Media Crop, 2012.

Kuwait, Zakat House. al-Qur’an al-Karim, Depok: Sabiq, 2019.

Al-Mansur, M. Djunaidi Ghony dan Fauzan. Metode Penelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

al-MarāgÏ, Aḥmad Muṣṭafa. TafsÏr al-MarāgÏ, Juz 22, (Mesir: Maktabah Musṭafa al-BābÏ al-ḤalabÏ, 1946.

Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progressif, 1997), h. 1451.

Mustaqim, Abdul. Metode Penelitian Al-Qur’an dan Tafsir, Yogyakarta:CV. Idea Sejahtera, 2014.

Nazir, Moh. Metodologi Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia, 2009.

Shihab, M.Quraisy Tafsir al-Misbah, Jakarta: Lentera Hati, 2012.

Qaththan, Syaikh Manna, Maba>his fi} ulu>mil qur’a>n. Terj. H. Aunur Rafiq El-Mazni, pengantar studi Ilmu Al-Qur’an, Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar, 2017.

Al-Qurthubi, Abi Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abi Bakr. J>a>mi' al-Ahka>m al-Qur’a>n, cet. 1 (Beirut: al-Risalah), 2006.

Rafiq, Ahmad, Living Qur’an:Teks, Praktik dan Idealitas dalam Performasi al-Qur’an, Bantul:Asosiasi Ilmu al-Qur’an & Tafsir se-Indonesia dengan Lembaga Ladang Kata, 2020.

Sabiq, Sayyid. Fikih Sunnah, Terj. Mahyuddin Syaf Jilid I, Bandung, Al-Ma’arif, 1997.

al-Sabuni, Muhammad Ali. “tafsir ayat al-ahkam minal Qur’an” jilid 2, Beirut: Darul Qutubi Ilmiah, 2021.

Salim, Abdul Malik Kamal bin Sayyid. Fiqih Sunnah untuk Wanita, Alih Bahasa Asep Sobari, Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat, 2007.

Sandu Siyoto dan Ali sodik, Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif, Suka Bumi: CV Jejak, 2018.

al-Sajastani, Abu Daud Sulaiman bin al-Asy'ats al-Azadi. “Sunan Abi Daud”, (Libanon : Darul Risalah al-Alamiah, cetak an pertama, 2013, Jilid 3, Nomor hadis 2082.

Setiawan, M Nur Kholis. al-Qur’an Kitab Tafsir Terbesar, Yogyakarta: Elsaq, 2008.

Shihab, M. Quraish. “jilbab, Pakaian Wanita Muslimah”,: Pandangan Ulama Masa Lalu dan Cendekiawan Kontemporer”, Jakarta: Lentera Hati, 2004.

sodik, Sandu Siyoto dan Ali. “Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif” (Suka Bumi: CV Jejak, 2018), h. 145-146.

al-Suyuṭi, Jalaluddin al-Maḥalli & Jalaluddin. Tafsir Jalalain terj. Najib Junaidi Jilid 3, Surabaya: PT. eLBA Fitrah Mandiri Sejahtera, 2015.

Suprayoga, Imam dan Tubroni, Metodologi Penelitian Sosial Agama, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.

al-Suyuṭi, Jalaluddin al-Maḥalli & Jalaluddin. Tafsir Jalalain terj. Najib Junaidi Jilid 3, Surabaya: PT. eLBA Fitrah Mandiri Sejahtera, 2015.

Syahridawati, ‘Fenomena Fashion Hijab Dan Niqab Perspektif Tafsir Maqāsidi’, Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, Vol. 22, No.2, 2020.

al-Suyuti, Jalaluddin. Asbabun Nuzul Sebab Turunnya Ayat al-Qur’an, Depok: Gema Insani, 2021.

al-Thobari, Abu Ja’ffar Muhammad bin Jarir. Jami al-Bayan al-Ta’wil ‘Anta’wili Ayil Qur’an, (Makkah:darr al-Tarbiyah wa al-turasi,2009), jilid ke-20, h. 324.

Abu Ja’far Muhammad bin Jarir bin Yazid bin Katsir bin Ghalib al-Amali at-Thabari, Jami’ul Bayan ‘an Ta’wil Qur’an, jilid 6 Beirut: Mu’assasah Ar-Risalah, 1994.

Tubroni, Imam Suprayoga. Metodologi Penelitian Sosial Agama, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.

Umar, Nasaruddin. Fikih Wanita Untuk Semua, Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta,2010.

Yanggo, Huzaemah Tahido. Fikih Perempuan Kontemporer, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2010.

Yusuf, A. Murni. “Metode Penelitian Kualitatif & Peneliti Gabungan, Edisi Pertama”, Jakarta: Kencana, 2014.

Wahbah al-Zuhaili, al-Tafsi>r al-Munir fi Aqi>dah Syariah wa Manha>j, cet. 1, Damaskus: Dar al-Fikri, 2009.

Skripsi ;

Dalihan, Ahmad. al-Qur’an dan cadar: Studi Kasus Komunitas Niqab Squad Jakarta, skripsi: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta,2020.

Fadilla, Ezi. Resepsi Terhadap Konsep Aurat dalam Al-Qur’an dan Hadis dalam Penggunaan Lilit, Skripsi Yogyakarta: Fak. Ushuluddin Adab dan Dakwah, 2017.

Fatimatuzzahro’. Hukum Menggunakan Cadar Bagi Perempuan (dalam Pandangan Ulama NU dan Ulama Salafi), Skripsi Yogyakarta: Fak. Syariah dan hukum, 2020.

Fauzia, Khilda. Mode (Fashion) Perempuan pada masa Nabi kajian tentang niqa>b, burqa’ dan khima>r perspektif hadis”, Skripsi UIN Jakarta, 2016.

Gustina, Armi. Peran Organisasi Wahdah Islamiyah dalam Menyebarkan Dakwah Kepada Muslimah di Kota Banda Aceh, Skripsi (Banda Aceh : Fak. Dakwah dan Komunikasi, 2020.

Hardianti, Eka. Motifasi Cadar oleh Santriwati Ponpes Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat (Studi Kasus di Ponpes Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat), 2022.

Halimah, Nur. Pemahaman Tentang Cadar dalam Al-Qur’an (Studi Tentang Cadar dalam al-Qur’an di Pesantren Ali Ba’alawy Kencong, Skripsi Jember: Fak. Ushuluddin, Adab dan Humaniora, 2018.

Hasanah, Muhajiratul Resepsi Niqab Squad Terhadap Penggunaan Cadar sebagai Penutup Aurat (Studi Living Qur’an pada Komunitas Niqab Squad Jakarta)”, Skripsi: Institute Ilmu al-Qur’an (HQ) Jakarta,2020.

Jamaluddin, “Relasi Sosial Minoritas Muslim di Kalangan Mayoritas Kristen Studi Kasus di Dusun Nggeru Kecamatan Donngo Kabupaten Bima”, Skripsi Jurnal Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram,2020.

Jurnal

Abror Indal and dkk, ‘Cadar and Women’s Awrat In Indonesian Qur’an Literature’, Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, Vol. 22. No2, 2021.

Basid, Nur Faizin and Abdul. ‘Fenomena Penggunaan Hijab Syar’i Di Indonesia : Analisis Kontekstualisasi Ayat Jilbab Perspektif Teori Penafsiran’, Al-Bayan : Jurnal Studi Ilmu Al-Qur ’ an Dan Tafsir, 8461, 2022.

Bukido, Lisa Aisyah Rasyid dan Rosdalina. problematika hukum cadar dalam islam: Historis, Jurnal Ilmiah Al Syir’ah Vol,16 No.1, 2018.

Dardum,Abdulloh. Contextual Approach Abdullah Saeed Dan Aplikasinya Terhadap Ayat Cadar, KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, Vol. 8, No. 2, 2018, h. 199.

Dewi, Subkhani Kusuma. Fungsi Performatif dan Informatif Living Hadis dalam Perspektif Sosiologis Reflektif, Jurnal Living Hadis 2, Vol. 6, No. 2, 2017.

Falihah, Risalatil, Cadar Dan Resepsi Al-Qur’an Pada Mahasiswi IAIN Madura; Analisis pada Surah Al-Ahzab(33) Ayat 59 dan Al-Nur(24) Ayat 31 dalam Kitab Tafsir Al-Azhar, Revalatia: jurnal ilmu al-Qur’an and Tafsir, vol. 1, No, 2, 2020.

Al Faruqi,Muhammad Syihab. Maulana Muzayyin Al Kahf, Maulida Fitria Rahmah, Pemahaman Cadar, Hijab, Dan Burqa Dalam Perspektif Islam, Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir: al-Furqan, Vol. 1 No. 2,2018.

Gusmian, Islah. Bahasa dan Aksara Tafsir al-Qur’an di Indonesia dari Tradisi, Hierarki Hingga Kepentingan Pembaca, Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan: Tsaqafah, Vol. 6, No. 1, 2010.

Indraddin, Athiyah Kurnia Sari, Alfan Miko. Persepsi Sivitas Akademika Universitas Andalas Terhadap Mahasiswi Bercadar, Jurnal Sosiologi Andalas, Vol. 8 No.1, 2022.

Mela, Nasrulloh, Desriliwa Ade. Cadar Dan Jilbab Menurut Dogma Agama Dan Budaya Masyarakat (Studi Living Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 59 Pada Masyarakat Sumatera Barat), Sosial Budaya, Volume 18, Nomor 1, Juni 2021.

Nasrulloh, Desriliwa Ade Mela, Cadar Dan Jilbab Menurut Dogma Agama Dan Budaya Masyarakat (Studi Living Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 59 Pada Masyarakat Sumatera Barat), Sosial Budaya, Volume 18, Nomor 1, Juni 2021.

Rahim, Ali. Nahdatul Ulama (Peranan dan Sistem Pendidikannya), Jurnal al-Hikmah, vol. XIV, No. 2, 2013.

Saleh, Fauzan. Lutfi Atnasari dan Syafruddin Faisal Thohar, Cadar dan MOderasi Islam di IAIN Kediri, Jurnal: Vol. 8, No. 1, 2022..

Thohar, Fauzan Saleh, Lutfi Atnasari dan Syafruddin Faisal, Cadar dan MOderasi Islam di IAIN Kediri, Jurnal: Vol. 8, No. 1, 2022.

Situs Online :

Kamus online al-maany, www.almaany.com, di akses pada 5 Agustus 2023.

Nurlianita, Annisa. terungkap ternyata ini pengertian niqab yang benar, https://umroh.com/blog/pengertian-burqa/?amp, diakses pada tanggal 5 Agustus 2023.

Wahdah.or.id, Sejarah Berdiri & Manhaj, https://wahdah.or.id/sejarah-berdiri-manhaj/, diakses pada Kamis, 08 Juni 2023.

Wahdah.or.id, Profil Wahdah Islamiyah, https://youtu.be/IGzQ_u6gvxA diakses pada 18 Agustus 2023.

Wahdah.or.id, Visi Misi Wahdah Islamiyah, https://wahdah.or.id/visi-misi/ diakses pada 18 Agustus 2023.

Wawancara:

Tamaruddin (61 tahun), mukhtasyar PC NU Majene, wawancara, Majene, 20 Agustus 2023.

Majid Jalaluddin (68 tahun), Ketua BAZNAS dan MUI Majene, wawancara, Majene, 21 Agustus 2023.

Mansyur (48 tahun), ketua PC NU Majene, wawancara, Majene, 20 Agustus 2023.

Syauqaddin (75 tahun), Mukhtasar PC NU Majene, wawancara, Majene, 20 Agustus 2023.

Rusmiati (26 tahun), Ketua IPPNU, wawancara, Online, 06 Desember 2023.

Muhammad Saddang (33 tahun), Ketua DPD Wahdah Islamiyah Majene, wawancara, Majene, 02 Agustus 2023.

Umar Masyhude (40 tahun), Penasihat DPD WI Majene, wawancara, Majene, 20 Agustus 2023.

Kamus (39 tahun), penasihat DPD Wahdah Islamiyah Majene, wawancara Majene, 03 Agustus 2023.

Nasriah (39 tahun), Ketua Muslimah WI Majene, wawancara, 02 Agustus 2023.

Downloads

Published

2024-06-30