Metode Pembelajaran Hadis pada Pondok Pesantren di Polewali Mandar Sulawesi Barat

Authors

  • Fajril Husni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Arifuddin Ahmad Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Indonesia
  • Erwin Hafid Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46870/jiat.v6i1.957

Keywords:

Metode Pembelajaran, Hadis, Pesantren, Pembelajaran Hadis

Abstract

This research elaborates on learning methods at boarding schools in Polewali Mandar, West Sulawesi by raising the following problem formulations: 1) What are the learning methods used in boarding schools in Polewali Mandar, 2) How is the learning method used in the teaching and learning process at boarding schools in Polewali Mandar? By raising the problem formulation above, the author found that the learning methods used in boarding schools in Polewali Mandar use various learning methods such as: sorongan, bandongan, lectures, questions and answers, discussions, and others, this is influenced in terms of the teacher's educational background, the characteristics of the pesantren, and the objectives of each pesantren.

Penelitian ini mengurai tentang metode pembelajaran pada pondok pesantren di Polewali Mandar Sulawesi Barat dengan mengangkat rumusan masalah sebagai berikut: 1) Apa saja metode pembelajaran yang digunakan pada pondok pesantren di Polewali Mandar?, 2) Bagaimana metode pembelajaran tersebut digunakan dalam proses belajar mengajar pada pondok pesantren di Polewali Mandar?. Dengan mengangkat rumusan masalah di atas penulis menemukan bahwa metode pembelajaran yang digunakan pada pondok pesantren di Polewali Mandar menggunakan berbagai metode pembelajaran seperti: sorongan, bandongan, ceramah, tanya jawab, diskusi, dan lainnya, hal ini dipengaruhi dari segi latar belakang pendidikan guru, karakteristik pesantren, dan tujuan dari masing-masing pesantren tersebut.

References

Abdul Rahman syafei, ‘Daftar Pondok Pesantren Di Polewali Mandar’, 2012 <https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_pondok_pesantren_di_Sulawesi_Barat>

Adib, Abdul, ‘Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren’, Mubtadiin, VII.2 (2021)

Ahyat, Nur, ‘Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Manajemen Dan Pendidikan Islam, IV.1 (2017)

Armai, Arief, Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputat Press, 2002)

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren (Jakarta: LP3ES, 1994)

Fikri, Mumtazul, ‘Konsep Pendidikan Islam; Pendekatan Metode Pengajaran’, Islam Futura, XI.1 (2011)

Hafid, Erwin, ‘Persepsi Mahasiswa Mengenai Dampak Penerapan Metode Pembelajaran Dosen (Studi Pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar)’, Inspiratif Pendidikan, VII.1 (2018)

Hamid, Abd., ‘Berbagai Metode Mengajar Bagi Guru Dalam Proses Pembelajaran’, Aktualita, IX.2 (2019)

Madjid, Nurcholish, Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan (Jakarta: Dian Rakyat, 2010)

Natsir, M., ‘Sistem Pembelajaran Di Pondok Pesantren Al-Aziziyah Analisis Terhadap Metode Dalam Kegiatan Pembelajaran Formal Dan Nonformal’, Penelitian Islam, XVI.1 (2020)

Nur, Amiruddin Z, ‘Efektivitas Penggunaan Metode Pengajaran Dalam Proses Pembelajaran’, Ibrah, VI.1 (2017)

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2010)

Ramdani, Nanang Gustri, ‘Defenisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran’, IJEETI, II.1 (2023)

Seto Mulyadi, Metode Penelitian Kualitatif Dan Mixed Method: Perspektif Yang Terbaru Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Kemanusiaan, Dan Budaya, I (Depok: Rajawali Pers, 2019)

Surachmad, Winarno, Metodologi Pengajaran Nasional (Bandung: Jammers, 1980)

Downloads

Published

2024-06-30