Tafsir Pluralisme Agama

(Studi Kritis Atas Pemikiran Teologis Farid Esack)

Authors

  • Siti Lilis Afriani Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Sulkifli Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46870/jiat.v6i1.956

Keywords:

Pluralisme, Agama, Tafsir

Abstract

Tulisan ini bermaksud menelaah secara kritis atas pemikiran tafsir Farid Esack tentang pluralisme agama.  Pemikiran tersebut berangkat dari konteks sosial masyarakat di Afrika Selatan yang terbelenggu oleh paham apartheid. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat penelitian pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a. Farid Esack mengharuskan adanya pengkajian kembali atas teks-teks al-Qur’an yang memungkinkan lahir makna-makna baru atas al-Qur’an sesuai dengan konteks dan zamannya sekarang, b. Farid Esack menawarkan metode hermeneutika untuk menafsirkan al-Qur’an khususnya pada ayat-ayat yang dinggapnya terkait lansung dengan konsep pluralisme agama, c. Konsep pluralisme Agama Farid Esack dapat berterima apabila dilakukan dengan alasan bahwa konsep tersebut dapat mengeluarkan masyarakat Afrika Selatan dari belenggu ketidakadilan, penyiksaan ataupun aturan apartheid yang berseberangan dengan prinsip dasar agama.

References

Abidin, Ahmad Zainal. Epistemologi Tafsir Al-Qur’an Farid Esack, Jurnal Teologia, Vol. 24 No. 1. 2013.

Admin. Analisis Kritis Metodologi Penafsiran Ayat-Ayat Al-Qur’an Farid Esack, INPASONLINE, https://inpasonline.com/analisis-kritis-metodologi penafsiran-ayat-ayat-al-quran-farid-esack/, 2011.

Afwan, Fajar. Studi Pemikiran Pendidikan Profetik Farid Esack (Studi Terhadap Buku Al-Qur’an, Liberalisme, Pluralisme, Membebaskan Yang Tertindas), Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, Vol. 9 No. 1. 2020.

Al-Qur’an Kemenag RI.

Castiah, Tati. Skripsi: Farid Esack Dan Paham Pluralisme Agama, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. 2008.

Fatih, M. Pluralisme Agama dalam Al-Qur’an Telaah atas Penafsiran Farid Esack, Progressa Journal of Islamic Religious Instruction, Vol. 4 No. 1. 2020.

Munir, Misbachul. Hermeneutika Farid Esack, Jurnal Spiritualis, Vol. 4 No. 2. 2018.

Mustamin, Kamaruddin dan Basri, Epistemologi Penafsiran Farid Esack terhadap ayat-ayat Pembebasan, Jurnal Ilmiah Al-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner, Vol. 5 No. 2. 2020.

Robi’ah, Dewi. Makna Muslim Dan Kafir Perspektif Farid Esack Serta Implikasinya Terhadap Keurukunan Umat Beragama Di Indonesia, Islamic review: jurnal riset dan kajian keislaman, vol. 9 No. 1. 2020.

Sholeh, Achmad Khudori dan Erik Sabti Rahmawati. Maulana Farid Esack: Hermeneutika Pembebasan dan Relasi Antar Beragama, Cet. 1. Malang: UIN Maliki Press (Anggota IKAPI). 2021.

Soleh, A. Khudri. Konsep Pluralisme Agama Farid Esack, Jurnal Ulul Albab, Vol. 6 No. 1. 2005.

Sudarman, Pemikiran Farid Esack Tentang Hermeneutika Pembebasan Al-Qur’an, Jurnal Al-Adyan, Vol. 10 No. 1. 2015.

Umam, Fawaizul. Menimbang Gagasan Farid Esack Tentang Solidaritas Lintas Agama, Jurnal Islamica, Vol. 5 no. 1. 2010.

Yaqin, Firdaus Ainul. Membangun Masyarakat Pluralisme Perspektif Farid Esack Dalam Konteks Politik Praktis Di Indonesia, Al-Fikru: Jurnal pendidikan dan sains Vol. 2 No. 2. 2021.

Downloads

Published

2024-06-30