'Illat al-Hadis

Konsep hingga Keurgensiannya dalam Kritik Hadis

Authors

  • hikmawati sultani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Hariadi STAI Darud Dakwah wal Irsyad Makassar, Indonesia
  • Hasbullah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) al-Ghazali Bulukumba, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46870/jiat.v6i1.884

Keywords:

'Illat, sanad, matan

Abstract

Ilmu‘illat al-h}adi>s\ merupakan ilmu yang memiliki tingkat kesulitan tertinggi dan terumit dalam‘ulu>m al-h}adi>s\. Bahkan dikatakan perlu ilham untuk menemukan ‘illat yang terjadi dalam tubuh sebuah hadis. Perlu pengetahuan holistik dan komprehensif seputar sanad dan matan untuk menelusuri rekam jejak kecacatan tersamar atau tersembunyi pada sebuah hadis. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi tentang konsep ilmu ‘illat al-h}adi>s\ seputar pengertian, ruang lingkup, kedudukan serta urgensinya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research dengan jenis pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif-analitik untuk memberikan gambaran tentang ilmu ‘illat al-h}adi>s\. Kemudian menganalisanya berdasarkan data-data dari hasil penelitian dan beberapa literatur yang relevan, guna mendapatkan hasil penelitian yang akurat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ilmu ‘illat al-h}adi>s\ ialah hadis yang tampak dari luar sahih, tetapi setelah diverifikasi ditemukan kecacatan tersembunyi yang dapat mencederai kevaliditasan hadis tersebut. Ruang lingkup ‘illat hadis ini terbagi ke dalam tiga bagian, yakni sanad, matan, dan sanad matan sekaligus. Ilmu ini memiliki kedudukan yang tinggi dalam 'ulūm al-h}adi>s\. Ulama hadis menganggap penting ilmu ini dikarenakan berkaitan erat dengan kesahihan hadis. Melalui ilmu ‘illat hadis ini dapat diketahui kecacatan tersembunyi dari suatu hadis dan mengetahui tingkat kerusakan kualitas sanad/matannya.

References

‘Abd al-Rah}ma>n, Al-Ima>m Abu> ‘Amr ‘Usma>n bin. (1972). ‘Ulu>m al-H{adi>s li Ibn al-S{ala>h}. Cet. II; al-Madi>nah al-Munawwarah: al-Maktabah al-Ilmiyyah.

________}. (1415 H/1994 M). Ma’rifah Anwa>’ ‘Ilm al-H}adi>s. Beirut: Da>r al-Kutu>b al-‘Ilmiah.

Ansori, Ibnu Hajar. (2019). Hadis Ma‘lul dan Kehujjahan. Cet. I; Jawa Timur: IAIN Kediri Press.

Anshori, Muhammad. (2023). Sisipan dalam Riwayat Hadis: Diskursus Konsep Ziyadatus Siqah. Cet. I; Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Al-Bukha>ri> al-Ju’fi>, Muh}ammad bin Isma>’i>l, Abu> ‘Abdulla>h. (1422 H). S{ah}i>h} al-Bukha>ri>, juz. 3. Cet. I; t.t: Da>r T{u>q al-Najah. Dikutip dalam al-Maktabah al-Sya>milah.

Alibe, Muhammad Tahir. (2022). “Pemikiran Ali al-Madini tentang Kaidah ‘Ilal al-Hadits: Studi Kitab ‘Ilal al-Hadits wa Ma’rifah al-Rija>l wa Ta>rikh”, Al Quds: Jurnal Studi Alquran dan Hadis, 6 (2), 533-551. Doi: 10.29240/alquds.v6i2.4104.

Amin, Muhammadiyah. (2008). Ilmu Hadis. Cet. I; Yogyakarta: Grha Guru Yogyakarta.

Gaffar, Abdul. (2015). “Telaah Kritis atas ‘Ilal al-H{adi>s dalam Kaidah Kesahihan Hadis: Sebuah Rekonstruksi Metodologis” Disertasi. Makassar: PPs UIN Alauddin.

H{ajar al-‘Asqala>ni@, Abu> al-Fad}l Ah}mad bin ‘Ali@ bin Muh}ammad bin Ah}mad bin. (1402 H/1984 M). Al-Nukat ‘ala> Ibn al-S}ala>h, juz 2. Cet. I; Madinah: ‘Ima>dah al-Bah}sal-‘Ilmi@.

Al-H{a>kim, Abu> ‘Abdilla>h Muh}ammad bin ‘Abdilla>h al-Naisa>but.th.). Ma’rifah ‘Ulu>m al-H{adi>s. Kairo: Maktabah al-Mutanabbi.

Hisayat, Samsul dan Miftahul Umam. (2023). “Kajian Hadis: Ilmu-ilmu yang Terkait dengan Matan Hadis”. Jurnal Contemplate: Jurnal Studi-studi Keislaman, 4 (1), 17-35. https://doi.org/10.53649/contemplate.v4i1.250.

Husain, Rahmin Talib. (2017). “Urgens ‘Ilm ‘Ilal al-Hadi>th”. Universum, 11 (1), 71-77. https://jurnalfuda.iainkediri.ac.id/index.php/universum/article/view/730.

Ibn Fuadi>, Syekh ‘Abdulla>h. (2005). Mis}ba>h} al-Ra>wi>. Cet. II; Nigeria: Da>r al-‘Ilm.

Ichwan, Moh. Nor. (2013). Membahas Imu-ilmu Hadis. Cet. 1; Semarang: RaSAIL Media Group.

Ismail, M. Syuhudi. (2005). Kaidah Kesahihan Sanad Hadis: Telaah Kritis dan Tinjauan dengan Pendekatan Ilmu Sejarah. Cet. III; Jakarta: Bulan Bintang.

‘Itr, Nu>r al-Di>n. (2012). Manhaj al-Naqd fi> ‘Ulu>m al-H{adi>s. Terj. Mujiyo, ‘Ulumul Hadis. Cet. II; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya..

Al-Kazwaini> al-Ra>zi>, Ah}mad bin Fa>ris bin Zakariya. (1399 H/1979 M). Mu’jam Maqa>yis al-Lugah, juz. 4. t.t: Da>r al-Fikr. Keduanya dikutip dalam program al-Maktabah al-Syamilah.

Al-Khat}i>b, Muh}ammad ‘Ajja>j. (2006). Us}u>l al-H{adi>s: ‘Ulu>muh wa Mus}t}alah}ah. Beirut: Da>r al-Fikr.

________. Us}u>l al-H{adi>s. (2007). Terj. M. Qadirun Nur dan Ahmad Musyafi. Ushul al-Hadis: Pokok-pokok Ilmu Hadits. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Kholis, Nur. (2008). Pengantar Studi al-Qur’an dan al-Hadits. Cet. I; Yogyakarta: Teras.

Lestari, Puput Dwi. (2023). “Kriteria Ittisal al-Sanad Menurut Bukhari dan Muslin Serta Transformasinya di Kitab-kitab al-Mu’tabarah”. Tahdis, 14 (2), 61-72. https://doi.org/10.24252/tahdis.v14i1.11844.

Al-Malibari>, Hamzah ‘Abdulla>h. (1980). Al-H{adi>s al-Ma’lu>l: Qawa>’id wa D{awa>bit}. Beirut: Da>r bin H{azm dan Makkah.

Manz}u>r al-Ans}a>ri>, Jama>l al-Di>n bin. (1414 H). Lisa>n al-‘Arab, juz. 11. Cet. III; Beirut: Da>r S{a>dir.

Marhumah. Ulumul Hadis: Konsep, Urgensi, Objek Kajan, Metode, dan Contoh. (2014). Yogyakarta: SUKA-Press, Universitas Islam Negeri Sunan Kaliijaga.

Mochtar, M. Mashuri. (1435 H). Kamus Istilah Hadis. Cet. I; Jawa Timur: Pustaka Sidogiri Pondok Pesantren Sidogiri.

Muhsin, Masrukhin. (2019). Studi ‘Ilal Hadis. Cet. I; Serang: A-Empat.

Najib, Mohammad. (2014). “'Ilal al-Hadis”. Adliya, 8 (1), 39-56. DOI: https://doi.org/10.15575/adliya.v8i1.8620.

Al-Nawa>wi>. (t.th.). Al-Taqri>b li al-Nawa>wi> Fann Us}u>l al-H{adi>s. Kairo: ‘Abd al-Rah}ma>n Muh}ammad.

Al-Qat}t}a>n, Syaikh Manna>’. (2016). Maba>h}i>s fi> ‘Ulu>m al-H{adi>s, terj. Mifdhol Abdurrahman. Cet. IX; Jakarta Timur: Pustaka al-Kautsar.

Al-Qusyairi> al-Naisa>bu>ri>, Muslim bin al-H{ajja>j Abu> al-H{asan. (t.th.). Al-Musnad al-S{ah}i>h} al-Muktas}ar bi Naql al-‘Adl ila> Rasu>lilla>h saw., juz 3. Beirut: Da>r Ih}ya>’ al-Tura>s al-‘Arabi>. Dikutip dalam al-Maktabah al-Sya>milah.

Sadily, Hassan. (1980) Ensiklopedi Islam, jilid I. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve.

Sahputra, Hery. (2022). “Pemikiran Kritik Sanad Hadis”. Shahih: Jurnal Ilmu Kewahyuan 5 (1), 126-141. DOI: http://dx.doi.org/10.30821/al-i'jaz.v6i2.8960.

Al-Siba>’i>, Must}afa>. (1966). Al-Sunnah wa Makanatuha fi> Tasyri>’ al-Isla>m. t.t.: Da>r al-Qawmiyah.

Ash-Shiddieqy, Hasbi. (1997). Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Syaraf al-Nawa>wi>, Muh}yi> al-Di>n Abu> Zakariya Yah}ya> bin. (2001). Al-Taqri>b wa al-Taisi>r li Ma‘rifah Sunan al-Basyi>r al-Nazi>r. Terj. Syarif Hade Masyah, Dasar-dasar Hadis Ilmu Hadis Imam al-Nawawi. Cet. I; Jakarta: Pustaka Firdaus.

Usman, “Metode Pembuktian Kesahihan Hadis”, Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan LIPI.

Yasmanto, Ali dan Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati. (2019). “Studi Kritik Matan Hadis: Kajian Teoritis dan Aplikatif untuk Menguji Kesahihan Matan Hadis”. Al-Bukhari: Jurnal Ilmu Hadis, 2 (2), 209-231. DOI: http:dx.doi.org/10.32505/al-bukhārī.v2i2.1323.

Yuzaidi. (2021). “Metodologi Penelitian Sanad dan Hadis”. Al-Mu’tabar: Jurnal Ilmu Hadis, 1 (1), 31-47.

Downloads

Published

2024-06-30