Eksplikasi Makna al-Gais dalam al-Qur’an

(Aplikasi Metode Tafsir Esoeklektik)

Authors

  • Khairunnisaa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene, Indonesia
  • Mukhlis Latif Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene, Indonesia
  • Abd. Waris Marsyam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene, Indonesia

Keywords:

al-Gais, , esoeklektik, hujan

Abstract

Spekulasi mengenai hujan yang berkepanjangan menyebabkan banjir dan tanah longsor di beberapa tempat sehingga pesan yang sampai ke masyarakat menimbulkan rasa takut dan menyalahkan alam serta Sang Pencipta. Demikian perlunya kajian mengenai misteri ayat-ayat al-Qur'an tentang hujan dengan menitikberatkan pada kata al-Gais\ dalam al-Qur’an. Permasalahan di atas diperlukan kajian meluas sehingga metode tafsir esoeklektik dianggap mampu menguraikan al-Gais secara meluas. Secara khusus, penulis menerapkan metode tafsir esoeklektik yang berfokus pada pola penulisan tematik (al-tafsir al-maudu’i) terhadap makna al-Gais dalam al-Qur'an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif atau library research. Pengumpulan data pada penelitian ini merujuk kepustakaan (library research) maka data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan mengadakan studi menelusuri literatur kemudian dilanjutkan penelaah terhadap ayat-ayat al-Qur’an, kitab-kitab tafsir yang berhubungan dengan masalah dan pembahasan penelitian yaitu makna al-Gais\ dalam al-Qur’an.

Kata Kunci: al-Gais, Esoeklektik, Hujan

References

A. Askar, (2011). Kamus Arab-Indonesia al-Azhar; Terlengkap, Mudah dan Praktis, Cet.2; Jakarta: Senayan Publishing.

Ahmad, Solihin Bunyamin. t.th. Kamus Induk al-Qur’an Metode Granada, t.t: Granada Investasi Islami.

al-Asfaha>ni, Abi> al-Qa>sim al-H{usa>in bin Muh}ammad al-Ma’ru>fa bi al-Ra>gib. (2017). Mufrada>t fi Gari>b al-Qur’an, Terj. Ahmad Zaini Dahlan, Kamus al-Qur’an, Jilid 2, Jawa Barat: Khazanah Fawaid.

al-Azizi, Abdul Syukur. (2020). Hadis-Hadis Sains, Yogyakarta: Laksana.

Amrullah, Abdulmalik Abdulkarim. (Hamka), (1982). Tafsir al-Azhar, Jilid 7, Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD.

Anwar, Rosihon. (2010). Menelusuri Ruang Batin al-Qur’an,Bandung: Erlangga.

Audina, Cut Widya. Dkk, (2021). Lafaz} Mat}ar dan Gais dalam al-Qur’an, Universitas Islam Negeri ar-Raniry Banda Aceh, Tafse Journal of Qur’anic Studies, 6,(2), 68.

Ayatullah, (2016). Penerapan Metode Eklektik pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswi Kelas VI SDIT Anak Sholeh Mataram. Jurnal Palapa,4,(1),152.

al-Bantani>, Muh}ammad Nawawi> bin ‘Umar al-Ja>wi>. (1887),Mara>hu Labi>d li Kasyfi Ma‘na>l al-Qur’a>nil al-Maji>d, Jilid 2. Cet. 1; Kairo: Maktabah al- ‘Usmaniyah.

al-Baqli, Muh}ammad Ru>zbihan. (2008). Tafsi>r ‘Ar>ais al-Baya>n fi Haqa>iq al-Qur’an, Jilid 3, Lebanon: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Baqi>, Muh}ammad Fu>ad ‘Abdul. (1364). al-Mu‘jam al-Mufahras li al-Fa>z} al-Qur’a>n al-Kari>m, Kairo: Dar al-H{adis.

Basuki, (2011). Cara Mudah Menyusun Proposal Penelitian; dengan Menggunakan Pendekatan Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Felicha.

al-Biqa>’i>, Burhanuddi>n Abi> al-H{asan> Ibra>hi>m bin’ Umar. (1994). Nazima al- Durar fi> Tana>suba al-Aya>ta Wal Su>war, Jilid 17, Beirut-Lebanon: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

al-Busti>,’Abu> H{a>tim Muh{ammad bin H{ibba>n bin Ah}mad al-Tami>mi.> (2012). Sah}i>h} Ibnu H{ibba>n; al-Musnadu al- Sah}i>h}u ‘ala> al- Taqa>si>mi wa al- anwa>‘i min Gai>ri Wuju>di Qat}’in fi> Sanadiha> wa la S{ubu>ti Jarh}in fi> Na>qili>h>. Jilid 2. Cet. 1; Beirut: Dar Ibnu Hazmi.

Bodi, Muh. Idham Khalid. (2019). Koroang Mala’bi; Al-Qur’an Terjemahan Bahasa Mandar dan Indonesia, Makassar: Balitbang Agama.

Fa>ris, H}usa>in Ah}mad bin. (1994). Mu’jam Ma>qayisul Lughah, Beirut: Dar al-Fikr.

Hasbi, Muhammad (2020). Akhlak Tasawuf; Solusi Mencari Kebahagiaan dalam Kehidupan Esoteris dan Eksoteris, Cet.1; Yogyakarta: Trustmedia Publishing.

Hude, Darwis Dkk, Model Konseling Eklektik dalam Pendidikan Perspektif al-Qur’an, Institut PTIQ Jakarta, al-Tadabbur Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Tafsir.

Kamalia, Nely Sama. (2019). Konsep Nusyuz Perspektif Teori Kosmologi Gender Sachiko Murat., Tesis. Malang: Fak. Syari’ah.

Karim, Abdul. (2021). Tafsir Ayat-Ayat Kewirausahaan Perspektif Teologi Humanisme Hassan Hanafi, Disertasi, UIN Walisongo Semarang: t.p.

Kementerian Agama RI, (2010). al-Qur’an dan Tafsirnya; Edisi yang Disempurnakan, Jakarta, Widya Cahaya.

Kerwanto, (2020). Metode Tafsir Esoeklektik: Pendekatan Integratif untuk Memahami Kandungan Batin al-Qur’An. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Khalwani, Ahmad. (2016). Kata Bermakna Hujan dalam al-Qur’an: Tinjauan Semantik dan Stilistika, Skripsi, Semarang: Fak. Bahasa dan Sastra Asing.

Khawa>rizmi>, Abu> al-Qa>sim Mah}mud Ibnu ‘Umar al-Khawarizmi al-Zamakhsyari. (1998),Tafsil al- Kasysya>f ‘An Haqa>’iq Gawamid al-Tanzi>l wa ‘Uyu>nil al-Qa>wi>l fi> Wuju>h at-Ta>’wi>l, Jilid 5. Riyadh: Maktabah al- ‘Abikan.

Lahami, Muhammad Said. (2015). al-Mu’jam al-Mufahras li al-Fa>z} al-Qur’a>n al-Kari>m, Cet. 10; Beirut: Dar al- Marefah.

Manzu>r, Muh}ammad bin Mukrim bin ‘Ali Abu> al-Fad}l li Jama>luddi>n Ibnu. (2009). Lisa>n al- ‘Arab, Jilid 2, Libanon: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Masyur, Laila Sari. (2021). Makna Esoteris Ayat Ibadah; Tafsir al-Isyari dalam Kitab Ru>h al-Ma’a>ni karya al-Alu>si>, Lentera: Indonesian Journal of Multidiscliplinary Islamic Studies,3(1),13.

Muh}ammad bin ‘Ali> bin Muh}ammad bin ‘Abdullah al-Syauka>ni> al-S{ana‘in, (2011).Tafsi>r Ja>mi’a Bayan al-Riwa>yah wa al-Dira>yah Mi|n ‘Ilmi Tafsi>r Fath}ul Qadir, Terj. Sayyid Ibrahim Shadiq, Tafsir Fathul Qadir, Jilid 5, Jakarta: Pustaka Azzam.

Muhibudin, Irwan. (2018). Tafsir Ayat-Ayat Sufistik; Studi Komparatif antara Tafsir al-Qusyai>ri> dan Tafsir al-Jailani>. Jakarta: Universitas al-Azhar Indonesia.

Nata, Abuddin. (2011). Studi Islam Komprehensif. Cet.1; Jakarta: Kencana.

Qutb, Sayyid. (2003).fi> Zilali al- Qur’an, Terj. As’ad Yasin, Tafsir Fi> Zilali Qur’an; di Bawah Naungan al-Qur’an. Jilid 5. Cet. 1; Jakarta: Gema Insani Press.

al-Qurt}ubi>, Abu ‘Abbas Muh}ammad bin Ah}mad al-Ans}ari. (2007). al-Ja>mi’ li Ah}kam al-Qur’an, Terj. Mahmud Hamid Usman, Tafsi>r al-Qurt}ubi, Jilid 18, Jakarta: Pustaka Azzam.

al-Qusyai>ri, (2000). Lata>’if al-Isya>ra>t, Jilid 2, (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Rahmawan, Ardika Riski. (2015). Kunci Ayat al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Said, Hasani Ahmad. (2015). Dirkursus Muna>sabah al-Qur’an dalam Tafsir al-Misbah, Jakarta: Amzah.

Said, Wahyu Ramadhan. (2022). Tafsir Esoterik Sebagai Ruang Eksplorasi Batin al-Qur’an. IAIN Manado, al-Mustafid: Jurnal of Quran and Hadith Studies,1,(2),4.

Salim, Abd. Muin. (2011). Metodologi Penelitian Tafsir Maud}u>’i, Cet. 4; Yogyakarta: Pustaka al-Zikra.

Sanaky, Hujair A.H. (2008). Metode Tafsir: Perkembangan Metode Tafsir Mengikuti Warna atau Corak Mufassirun, Jurnal al-Mawardi, Edisi Xviii, 280.

Shihab, M. Quraish (2002). Tafsi>r al-Misba>h; Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, Jilid 11, Cet. 1; Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Quraish. (1994).Membumikan al-Qur’an; Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan.

Shihab, M. Quraish. (2020). Kosakata Keagamaan. Tangerang: Lentera Hati.

Shihab, Muhammad Quraish. (1996). Wawasan al-Qur’an; Tafsi>r Maud}u>’i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

Syafaq, Hammis. (2012). Relasi Pengetahuan Islam Eksoteris dan Esoteris, Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Ampel Surabaya, Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam,2,(2),335. Al-Suyuti, (2014). Asba>bun al-Nuzu>l, Terj. Andi Muhammad Syahril dan Yasir Maqasid, Asbabun Nuzul: Sebab-Sebab Turunya Ayat al-Qur’an, Cet.1; Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

al-Suyuti, Ja>laluddi>n Muh}ammad bin Ah}mad bin Muh}ammad al-Mah}alli dan Jalaluddin ‘Abdurrah}man bin Abi> Bakri Tafsi>r al-Jalalai>n. (t.th), Terj. Bahrun Abu Bakar dan Anwar Abu Bakar, Tafsi>r al-Jalalai>n; Berikut Asba>bun Nuzu>l Ayat Surat al-Kahfi- al-Nas, Jilid 2, t.t: Sinar Baru Algensindo.

al-Suyuti, Jalaluddin. (2008). al-Itqa>n fi> ‘Ulu>mil Qur’an, Terj. Team Editor Indiva, al-Itqa>n fi> ‘Ulu>mil Qur’an; Studi al-Qur’an Komprehensif, Jilid 5, Cet. 1; Surakarta: Indiva Pustaka.

Taqiuddin, Ahmad. ( 2019). Mushaf Hafalan Utsmani Madinah. Cet.1; Bekasi: Maana Publishing.

Taufik, Ahmad. (2019). Argumen Metode Tafsir Maudu>’i; Geneologi, Signifikansi, dan Sistematika Penafsiran, UIN Shulthan Thaha Saifuddin Jambi, at-Tibyan Journal of Qur’an and Hadis Studies,2(1).

al-T{abari, Abu> Ja’far Muh}ammad bin Jar>ir. (2017). Ja>mi’ al-Baya>n ‘An Ta>’wi>l Aya al-Qur’an, Terj. Ahmad Abdurrazaq al-Bakri, Tafsir al-T{abari, Jilid 22, Jakarta: Pustaka Azzam.

al-Tustari>, Abu Muhammad Sahl bin ‘Abdillah bin Yunus bin ‘Isa bin ‘Abdillah bin Rafi’,(2004). Tafsi>r al-Qur’an al-‘Azi>m, Heritage: Dar al-Haram.

Wardania, Dkk. (2023). Membongkar Teori Anti-Sinonimitas Aisyah Bintu Syatih’ dan Implikasinya dalam Penafsiran al-Qur’an, Jurnal el-Maqra, Tafsir Hadis dan Teologi , 3,(1),12.

Yamani, Moh. Tulus. (2015). Memahami al-Qur’an dengan Metode Tafsir Maud}u>’i, Jurnal PAI,1, (2), 283.

al-Zuh|aili>, Wahbah. (2018).Tafsi>r al-Muni>r fi al-‘Aqi>dah, as-Syari>’ah, wa Manhaj, Terj. Abdul Hayyie al-Kattani, Dkk, Tafsi>r al-Muni>r; Aqidah, Syariah dan Manhaj, Jakarta: Gema Insani.

Downloads

Published

2023-12-30