ANALISIS PENAFSIRAN AL-QUR’AN DI SITUS ISLAMI.CO DAN AKUN INSTAGRAM @QUR’AN REVIEW

Authors

  • Bahruddin Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

DOI:

https://doi.org/10.46870/jiat.v4i1.695

Keywords:

Tafsir Al Qur’an, islami.co, Qur;an Review

Abstract

Penelitian ini mengkaji penafsiran Al-Qur'an di situs dan sosial media yang menarik perhatian para pegiat studi Al-Qur'an. Model penafsiran yang dijelaskan pada situs islami.co dan akun Instagram @Qur'anreview menjadi fokus penelitian untuk mengevaluasi pengaruh dan respon terhadap penafsiran di kedua platform tersebut. Situs islami.co menafsirkan ayat dengan menampilkan sumber rujukannya, menguatkan keabsahan penafsiran tersebut. Di sisi lain, @Qur'anreview menggunakan gaya bahasa yang mengikuti pola bahasa anak muda milenial, meskipun tidak memperlihatkan rujukan yang digunakan dalam menafsirkan ayat Al-Qur'an. Dalam penelitian ini, perbedaan pendekatan penafsiran diulas dengan mendalam untuk memahami dampaknya terhadap audiens yang dituju.

References

Annanda, F. T. (2021). Kajian Atas Penafsiran Al-Qur’an di Akun Instagram @Qur’anreview (Skripsi, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, UIN Antasari Banjarmasin).

Falah, M. Z. (2020). Analisis Penafsiran Al-Qur’an di Situs muslim.or.id dan islami.co (Skripsi, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, UIN Walisongo, Semarang).

Falah, M. Z. (2020). Kajian Tafsir Di Media Online: Analisis Penafsiran Al-Qur’an di Situs muslim.or.id dan islami.co (Skripsi, Fakultas Ushuluddin Dan Humaniora UIN Walisongo Semarang).

Farhanah. (2023). Tafssir Era Digital (Tesis Program Pascasarjana, Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, IIQ Jakarta).

Islami.co. (2018). Empat Metode Tafsir Al-Qur’an. https://islami.com.

Jannah, R. (2021). Tafsir Al-Qur’an Media Sosial: Studi Model Tafsir Pada Akun Instagram @Qur’anreview (Skripsi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).

Saifullah, M., & Richting, I. (2021). "Quranreview: Interaksi Anak Muda Muslim dengan Al-Quran di Era Digital." Ṣuḥuf, Vol. 15(2), hal. 273.

Syafi' Ali, M. (Tahun Publikasi Tidak Diketahui). "Kenapa Aku Bikin Situs Islami.co?" di https://islami.co/kenapa-akubikin-islami-dot-co/.

@Qur’anReview. (2022). "She’s perfect; Putri Ariani", Qs. Al-Baqarah:18.

@Qur’anReview. (2022). "Wanita Idamanamu?", Qs. Al-Qasas:25, diakses: https://www.instagram.com/p/CtKv9PRha1G/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==.

Downloads

Published

2022-07-30