Kontekstualisasi Bahasa Arab dalam Penafsiran Al-Qur’an

(Perspektif Hermeneutika Gadamer)

Authors

  • Bahruddin Bahruddin Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene

DOI:

https://doi.org/10.46870/jiat.v5i1.537

Keywords:

Kontekstualisasi, Hermeneutika, Gadamer

Abstract

Kehadiran umat manusia di muka bumi dengan segala kompleksitasnya membutuhkan suatu acuan normatif-teologis yang akan menjadi pedoman dalam menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Dalam konteks tersebut, posisi al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam memainkan peran sentral dalam menjiwai setiap ruang gerak manusia baik dalam dimensi vertikal (ibadah) ataupun dalam dimensi horizontal (muamalah). Konsekuensinya, pengkajian terhadap al-Qur’an yang tertulis dalam bahasa Arab menjadi suatu proses kajian panjang seiring dengan gelora semangat yang tiada henti dalam diri kaum muslimin untuk membumikan nilai-nilai al-Qur’an dalam kehidupan keseharian mereka. Pemahaman yang hanya berdasar pada apa yang tertulis pada teks semata yang kebetulan berbahasa Arab, hanya akan mengaburkan esensi pesan dalam teks itu sendiri sehingga kontekstualisasi bahasa Arab dalam penafsiran al-Qur’an perlu dilakukan yang salah satunya melalui perspektif hermeneutika Gadamer.

References

Kasim, Amrah, Bahasa Arab di Tengah-tengah Bahasa Dunia, Cet. I; Yogyakarta: Penerbit Kota Kembang, 2009

Muhammad, Azhar, Beberapa Aspek Keunikan dan Keistimewaan Bahasa Arab sebagai Bahasa al-Qur’an, http://eprints.utm.my/1827/1/JTJUN42E5.pdf. (26 Oktober 2011)

Muhammad Amri, Konstruksi Kalimat Bahasa Arab (Cet. I; Makassar: Alauddin Press, 2009), h. 20-21.

Raharjo, Mudjia, Dasar-Dasar Hermeneutika: Antara Intensionalisme dan Gadamerian (Cet. I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008),

Kaelan, Filsafat Bahasa: Semiotika dan Hermeneutika, Yogyakarta: Penerbit Paradigma, 2009

Palmer, Richard E., Hermeneutics: Interpretation Theory in Schleirmacher, Dithley, Heidegger, and Gadamer, diterjemahkan oleh Musnur Hery dan Damanhuri Muhammed, Hermeneutika: Teori Baru Mengenai Interpretasi, Cet.II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Gadamer, Hans-Georg, Truth and Method, diterjemahkan oleh Ahmad Sahidah, Kebenaran dan Metode: Pengantar Filsafat Hermeneutika, Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Rahman, Fazlur, Islam dan Modernitas tentang Transformasi Intelektual, Bandung, Penerbit Pustaka, 1985.

Downloads

Published

2023-06-24