OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN DENGAN AMALAN WADHIFAH YAUMIYAH:

STUDI LIVING QUR'AN DI TPQ AL-HUDA BANGUNSARI

Authors

  • Astika Nur Fahriani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.46870/jiat.v4i1.185

Keywords:

Wadhifah Yaumiyah, living Qur'an, pembelajaran, optimalisasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah amalan Wadhifah Yaumiyah yang merupakan usaha batiniyah untuk mengoptimalisasikan pembelajaran baca tulis Al-Qur'an di TPQ Al-Huda Bangunsari. Dengan melibatkan ayat-ayat Al-Qur'an yang disertai munajat, amalan Wadhifah Yaumiyah dapat penulis kaji menggunakan penelitian living Qur'an dengan pendekatan fungsional. Tinjauan lapangan dan kepustakaan yang bersifat deskriptif-interaktif pada penelitian ini menghasilkan temuan, bahwa dalam amalan Wadhifah Yaumiyah terkandung beberapa Fadhilah/keutamaan yang penulis petakan menjadi dua (Fadhilah bagi pendidik dan peserta didik). Adapun fungsionalisasi amalan tersebut dalam mengoptimalkan pembelajaran baca tulis Al-Qur'an di TPQ Al-Huda Bangunsari, tercermin pada usaha peningkatan kualitas spiritual pendidik yang berdampak pada kualitas mengajarnya. Selain itu, spirit usaha batiniyah (Wadhifah Yaumiyah) dapat mewujudkan agenda evaluasi pembelajaran, dan memiliki fungsi membidik jiwa pendidik agar memiliki energi positif ketika mengajar, sehingga peserta didik dapat turut merasakan energi positif pendidik, dan mendapatkan ketenangan ketika mengaji, memiliki kejernihan berfikir untuk menerima materi, serta dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif, dengan demikian pembelajaran lebih optimal.

Downloads

Published

2022-06-30