Pelatihan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Majene

IASP 2020

Authors

  • Muhammad Saddang STAIN Majene
  • Suddin Bani STAIN Majene
  • Hamzah S. Fathani STAIN Majene
  • Usri STAIN Majene
  • Kamus STAIN Majene
  • Muhammad Idris Hasanuddin STAIN Majene
  • Bulqia Mas'ud STAIN Majene
  • Aan Setiawan STAIN Majene
  • Yusril STAIN Majene
  • Nurul Hazirah Hamzah STAIN Majene

DOI:

https://doi.org/10.46870/jam.v1i2.328

Keywords:

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020, Mutu Pendidikan, Sekolah/ madrasah, komponen utama, Nilai Akreditasi.

Abstract

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 merupakan perangkat akreditasi baru yang disusun pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah. Penyusunan Instrumen akreditasi baru ini menjadi kebutuhan yang mendesak karena banyaknya perubahan yang terjadi dalam  dinamika pendidikan.  Perubahan instrumen ini diarahkan pada pemenuhan mutu pendidikan yang lebih substantif yang harus dipenuhi oleh sekolah dan madrasah pada setiap jenjangnya. Dalam hal ini,  Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Majene sebagai tim pengabdi melakukan pelatihan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dalam pelatihan ini, tim pengabdi menyajikan materi secara rinci tentang Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 terutama pada 4 komponen utama yaitu mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen sekolah. Tujuan pelatihan ini adalah agar pihak sekolah memiliki persiapan lebih maksimal saat mengajukan penilaian akreditasi sekolah sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Pelatihan ini dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu observasi, persiapan, pelaksanaan dan pendampingan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah seluruh peserta yang terdiri dari kepala sekolah, para wakil kepala sekolah, dan guru dapat memahami secara rinci setiap komponen yang ada pada instrumen akreditasi yang baru.

Downloads

Published

08-12-2022