Pelatihan Listening TOEFL Paper Based Test Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Majene
DOI:
https://doi.org/10.46870/jam.v1i2.316Keywords:
Listening, TOEFL, Pelatihan, Siswa SMAAbstract
Kemampuan berbahasa Inggris saat ini sangat krusial khususnya bagi mereka yang berkecimpung di dunia pendidikan seperti siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan peneliti. Itulah sebabnya untuk mendaftar dan melulusi suatu program studi, perguruan tinggi umumnya memberlakukan test Bahasa Inggris, salah satu bentuknya adalah TOEFL. Atas dasar ini, tim dosen Program Studi Tadris Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan listening TOEFL Paper Based Test kepada siswa SMA Negeri 1 Majene. Ada tiga tujuan pelatihan ini: pertama, siswa kelas XII SMA Negeri 1 Majene memiliki pemahaman tentang konsep TOEFL; kedua, siswa peserta pelatihan mengetahui tips dan trik meraih skor maksimal pada Listening Section TOEFL PBT; dan ketiga, siswa memiliki motivasi untuk belajar TOEFL sebagai upaya persiapan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Pelatihan berlangusng selama 150 menit, dilakukan selama satu hari pada tanggal 15 Agustus 2022 melalui metode ceramah, simulasi, dan evaluasi. Sebanyak 100 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Majene berpartisipasi sebagai peserta pelatihan. Berdasarkan hasil evaluasi program diketahui bahwa pelatihan ini efektif dalam memperkenalkan konsep TOEFL kepada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Majene. Selain itu, pelatihan ini mampu membantu siswa mengetahui dan mempraktikan tips dan trik meraih skor maksimal pada Listening Section. Evaluasi juga menunjukkan siswa peserta pelatihan memiliki motivasi untuk belajar TOEFL sebagai upaya persiapan melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas.