PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM PADA PONDOK PESANTREN SALAFIYAH ULUMUL QURAN FATIMAH AZZAHRAH
DOI:
https://doi.org/10.46870/jam.v1i1.231Keywords:
Maharah Al – Kalam, Pondok Pesantren UQ Fatimah AzzahrahAbstract
Pendampingan pembelajaran maharatul kalam pada pondok pesantren salafiyah ulumul qur’an Fatimah az-zahrah merupakan suatu keharusan dalam pengembangan tazwidul mufrodat yang pada akhirnya menunjang kemahiran berbicara (maharah al-kalam) maupun menyimak (istima’). Keterampilan berbicara (maharah al-kalam/speaking skill) adalah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan pikiran berupa ide, pendapat, keinginan, atau perasaan kepada mitra bicara .Dalam konteks pembelajaran bahasa Arab, maharah al-kalam termasuk keterampilan pokok yang harus dikuasai santri/santriwati dan merupakan salah satu tujuan akhir pembelajaran bahasa asing. Jalannya pengembangan pembelajaran maharah al-kalam di Pondok Pesantren Salafiyah Ulumul Qur’an Fatimah Az-Zahrah, belum menunjukan hasil yang menggambarkan kecakapan santri/santriwati dalam berbahasa Arab secara aktif produktif. Hasil penelitian menyatakan bahwa untuk meningkatkan kemahiran maharah al-kalam, santri/santriwati harus dibekali dengan kemampuan-kemampuan dasar dalam berbicara seperti terus mempertahankan dan terus menambah mufradat/kosa kata, dan latihan muhadatsah.