PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA PONDOK PESANTREN IKYA’UL ULUM DDI BARUGA KABUPATEN MAJENE PROVINSI SULAWAESI BARAT

Authors

  • Abd. Fattah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Napis Djuaeni Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Keywords:

Pendampingan, Pembelajaran Bahasa Arab, Pesantren

Abstract

Program pendampingan pembelajaran bahasa Arab di Pesantren Ikhya’ul ‘Ulum DDI Baruga bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemahiran berbahasa Arab, mencakup keterampilan menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Pendampingan dilakukan melalui pendekatan kolegial, profesional, dan berbasis kebutuhan, mencakup sosialisasi, pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013, serta penerapan metode saintifik dan interaktif. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan kompetensi guru, perbaikan mutu pembelajaran, dan terciptanya solusi terhadap kendala pembelajaran bahasa Arab. Program ini juga bertujuan menjadikan pesantren sebagai model pendidikan yang inovatif dan berkelanjutan.

Downloads

Published

30-12-2024