Pendidikan Agama Islam Upaya Deradikalisasi Di Lingkungan Perguruan Tinggi

Authors

  • Lulub Nurkhaliza Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dewi Anggraeni
  • Nada Dwiyasyah
  • Septia R Mutmainah
  • Muhamad Parhan

DOI:

https://doi.org/10.46870/jstain.v6i2.970

Abstract

Mahasiswa rentan terhadap radikalisme karena  mudah disusupi paham politik dan agama yang radikal, mahasiswa lebih rentan terhadap ideologi radikal karena jiwa muda yang memiliki pemikiran jangka pendek dan kurang dewasa, serta masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah juga rentan terhadap janji-janji manis dan harta benda dari kelompok radikalisme tersebut, akibatnya mereka mudah  direkrut menjadi pengurus organisasi radikalisme. Tujuan dirancangnya artikel ini adalah menganalisis, mengetahui strategi yang efektif, serta menyediakan rekomendasi kebijakan untuk meningkatkan efektivitas peran pendidikan agama Islam dalam mencegah radikalisme di lingkungan perguruan tinggi dengan metode dalam artikel ini adalah metode kualitatif khususnya studi literatur. Artikel ini akan menghasilkan; 1) Peran pendidikan agama Islam dalam mencegah radikalisme di lingkungan perguruan tinggi dengan pemberian pemahaman yang benar, pembentukan karakter yang baik, serta penanaman nilai-nilai kemanusiaan. 2) Strategi dan metode yang efektif dalam mengimplementasikan pendidikan agama Islam sebagai upaya deradikalisasi dengan pengembangan kurikulum yang inklusif dan seimbang antara ajaran agama Islam yang moderat dan nilai-nilai toleransi melibatkan penyusunan materi pelajaran yang tidak hanya menekankan aspek keagamaan, tetapi juga memperkuat pemahaman tentang toleransi, pluralisme, dan menghormati perbedaan. 3) Rekomendasi kebijakan untuk meningkatkan efektivitas pendidikan agama Islam dalam menangani isu radikalisme di lingkungan perguruan tinggi dengan menyusun kurikulum yang seimbang antara ajaran agama Islam yang moderat, pemahaman tentang toleransi, pluralisme, dan pencegahan radikalisme juga dapat memberikan pelatihan kepada dosen dan staf.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayatullah. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Madrasah Aliyah Palapa Nusantara. Vol. 2 No. 2

Azra, Azyumardi. (2020). Agama, Radikalisme, dan Pendidikan. Azra, Azyumardi. (2020). Toleransi Beragama dalam Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Basri, B & Dwiningrum, N. R. (2019). Potensi Radikalisme Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Politeknik Negeri Balikpapan). JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 84–91.

BNPT (2020, Maret 30). Kajian Teori Deradikalisasi. Diakses Maret 30, 2020.

Cece. (2022). Peran Pendidikan dalam Menangkal Penyebab Radikalisme dan Ciri Radikalisme. Jurnal Basicedu.

Faiz, Aiman. dan Soleh, Bukhori. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. JINoP: Jurnal Inovasi Pembelajaran

Fauzi Ahmad. (2021). Program Deradikalisasi Sebagai Upaya Reintegrasi Sosial Bagi Narapidana Terorisme di Indonesia. JUSTITIA: Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora Vol. 8 No. 1

Harahap, Fatimah. (2020). Implementasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Deradikalisasi di Lingkungan Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Hasan, A. (2019). Radikalisme Agama: Tantangan dan Solusi bagi Dosen Agama Islam. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Hidayat, Komaruddin. (2019). Pendidikan Agama Islam yang Inklusif: Konsep dan Praktik di Sekolah-sekolah Indonesia. Bandung: Penerbit Mizan.

Husna, Al. Wulandari, F. P. Humaedi, Ilmika N. Candrika, R. Putri, S. W. dan Parhan, M. (2023). Paradigma Kekuatan Propaganda Radikalisme Dalam Kesenjangan Ekonomi Masyarakat Kampus. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Kulkarni, S. Karim, A. (2023). Character Education: Creators of The Nation. Religio Education, Volume 2 (2) (2022) 103-115

Listiani, I. (2019). Konsep Pendidikan Agama Islam dalam Mewujudkan Pendidikan Sepanjang Hayat.

Maarif, Ahmad S. (2021). Pendidikan Islam Moderat: Upaya Menyikapi Radikalisme.

Oktadhika, L. (2020). Upaya Deradikalisasi Melalui Program Pembinaan Narapidana Teroris Berbasis Intelijen. Literacy: Jurnal Ilmiah Sosial, 2(2), 75-87.

Purwati, Purwati. Suryadi, Ace. Hakam, Kama A. Rakhmat, Wahyuni dkk. (2022). Pemahaman Radikalisme. Jurnal Kewarganegaraan Vol. 6 No. 1

Ramadhan, Abdul Chair (2014) Strategi Penanggulangan Terorisme Melalui Pendekatan Non Penal, Jakarta: Lisan.

Ismed, Mohamed. (2021). Deradikalisasi Penanganan Terorisme Secara Terintegrasi Di Indonesia. Jurnal Penelitian Hukum Legalitas Vol. 15 No.2

Siregar, Ahmad. (2019). Strategi Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Radikalisme di Lingkungan Perguruan Tinggi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supriadi, U. Romli, U. Islamy, M. R. F. Parhan, M. dan Budiyanti, N. (2021). The Role of Islamic Education Teachers in Preventing Radicalism at Madrasa Aliyah. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 4 No. 1, 2021.

Wahid, Din. (2019). Radikalisme Agama: Analisis dan Strategi Penanggulangan.

Wahyuni, R. Rahma, H. L. F. dan Putri, H. H. (2022). Pemahaman Radikalisme. Jurnal Kewarganegaraan. Vol. 6 No. 1.

Zaini, Ahmad. (2019). Radikalisme Agama: Perspektif Kritis Islam Nusantara. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zakaria, G. A. N. Abdullah, M. dan Zaldi, A. (2023). Tolerance in Diversity of Colleges in Islamic Moderation Comprehension. Religio Education, Volume 3 (1) (2023) 1-11.

Downloads

Published

31-12-2024

How to Cite

Lulub Nurkhaliza, Dewi Anggraeni, Nada Dwiyasyah, Septia R Mutmainah, & Muhamad Parhan. (2024). Pendidikan Agama Islam Upaya Deradikalisasi Di Lingkungan Perguruan Tinggi. AL-MUTSLA, 6(2), 341–357. https://doi.org/10.46870/jstain.v6i2.970