STRATEGI PENDIDIKAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI DALAM PERSFEKTIF AL-QUR’AN

Authors

  • Raisa Nur Salum UIN Sumatera Utara
  • Nurul Liza Nasution UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.46870/jstain.v6i1.833

Keywords:

Pendidikan Sosial, Al Quran

Abstract

Pendidikan sosial bagi individu dalam Al-Quran sangatlah penting. Al-Quran tidak hanya memberikan ajaran spiritual, tetapi juga memberikan pedoman tentang bagaimana berinteraksi secara sosial dalam masyarakat. Terdapat banyak ayat dalam Al-Quran yang menggarisbawahi nilai-nilai sosial, seperti kesetaraan, keadilan, kasih sayang, dan tanggung jawab sosial. Secara keseluruhan, Al-Quran memberikan landasan yang kuat bagi pendidikan sosial bagi individu. Al-Quran menekankan pentingnya menjaga hubungan yang baik dengan orang lain, baik dalam keluarga maupun dalam masyaraka, misalnya pada adalah Q.S At-Taubah: 71, Q.S Al-Ma’idah: 2, Q.S An-Nisa:114, Q.S Al-Hujurat: 13. Oleh karena itu, metode yang digunakan pada penulisan ini adalah penelitian bahan pustaka atau library research, di mana buku, tafsir, dan jurnal yang mendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quran al-Karim

Al-mahalli, imam jalaluddin, & As-suyuthi, imam jalaluddin. (1997). Tafsir Jalalain. Anggota IKAPI.

Aprilia, W. (2020). Perkembangan pada masa pranatal dan kelahiran. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 40–55.

Dhieni, N., Yuliantina, I., Soendjojo, R., Yuswanto, D. T., Nurjannah, Riany, Y. E., & Rosmalia, R. (2020). Panduan penegerian satuan pendidikan anak usia dini. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 42.

Fanhas, E., & Mukhlis, G. N. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S. Lukman: 13-19. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a), 42–51.

Hamka. (1990). Tafsir Al- Azhar. Pustaka Nasional.

Hamka. (2020). Tafsir Al-Azhar : Jilid 4. Gema Insani.

Junaidah. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Khoiruddin, M. (2022). Konsep Pendidikan Sosial Berbasis tauhid dalam Perspektif Al-Qur’an. UINISNU.

Panduan, M., & Tua, O. (n.d.). MODUL PANDUAN ORANG TUA MODEL PARENTING ISLAMI.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Quraish Shihab. (2006). Tafsir-Al- Misbah, pesan kesan dan keserasian Al-Quran. Lentera Hati.

Saihu, S. (2020). Pendidikan Sosial Yang Terkandung …. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 127–148.

Sidiq, U. (2017). Urgensi Pendidikan Hadis Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Living Hadis, 2(1), 83–115.

Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.

Downloads

Published

30-06-2024

How to Cite

Raisa Nur Salum, & Nurul Liza Nasution. (2024). STRATEGI PENDIDIKAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI DALAM PERSFEKTIF AL-QUR’AN. AL-MUTSLA, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.46870/jstain.v6i1.833