Fenomena Relegiusitas Terhadap Produktivitas Berdasarkan Pemikiran Monzer Kahf

Authors

  • Elfi Sahara, Helda Nusrida, Dontes Putra, Hulwati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol

DOI:

https://doi.org/10.46870/jstain.v5i2.685

Keywords:

Relegiusitas, Produktivitas, Pemikiran Monzer Kahf;

Abstract

Kebanyakan orang percaya bahwa semakin banyak ibadah, menjalankan sunnah, menyebarkan dakwah, dan sering pergi ke masjid, semakin sedikit produktivitas. Ini karena mereka lebih mementingkan kehidupan akhirat mereka daripada kehidupan dunia mereka, sehingga kehidupan mereka terlantar, kesejahteraan dunia mereka tidak diperhatikan, dan kebutuhan rumah tangga mereka tidak terpenuhi. Hal tersebut dibantah oleh Monzer Kahf, beberapa ide tentang ekonomi islam disampaikan oleh Monzer Kahf. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data utama dikumpulkan melalui wawancara dengan marbot masjid di Alahan Panjang. Untuk melengkapi data dari sumber primer, penulis juga memakai sumber data skunder dari  jurnal, buku, hasil riset dan sejumlah besar literatur atau studi akademik. Metode pengumpulan data termasuk wawancara dan observasi dengan marabot masjid Alahan Panjang. Teknik analisis data berupa penelitian kualitatif yang menghasilkan kata-kata. Hasil penelitian ini bahwa Praktik agama tidak menghalangi produktivitas. Pengalaman, dengan ketenangan batin yang diperoleh, maka akan menambah semangat bekerja dan meningkatkan produktivitas. Pengetahuan agama, dengan adanya pengetahuan agama dapat mendipsiplinkan waktu kerja. Pengamalan, dengan mengamalkan ajaran agama seperti tidak boleh mengurangi timbangan, tidak menghalangi produktivitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Ahmad Alif, Alvin Adi, Putra Alamsah, Dan Setia, Rini Arista, Alvin Adi Putra Alamsah, and Setia Rini Arista. 2022. “Pemikiran Ekonomi Islam Monzer Khaf Article History.” Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 22 (2).

Aravik, Havis. 2017. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Kontenporer. Depok: Pernamedia Group.

Ashlah, Izzul, Nadia Azalia, Muhammad Afif Ridho, and Bastomi Dani Umbara. 2023. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Religiusitas Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Dan Dosen Universitas Islam Jember.” LAN TABUR: JURNAL EKONOMI SYARI’AH 4 (2): 1–23.

Baihaqi, Ahmad. 2015. “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Religiusitas Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Unza Vitalis Salatiga.” Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 6 (2): 43. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v6i2.43-64.

Batubara, Sarmiana, and Damri Batubara. 2021. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Medan: CV. Merdeka Kreasi Group.

Budi, Iman Setia. 2020. “Pengaruh Religiusitas Terhadap Etos Kerja Pedagang Banjar Di Pasar Sudimampir Banjarmasin.” Al Iqtishadiyah Jurnal Ekonomi Syariah Dan Hukum Ekonomi Syariah 5 (2): 102. https://doi.org/10.31602/iqt.v5i2.2539.

Corinna, Arlinda Nidia, Departemen Ekonomi, and Syariah-fakultas Ekonomi. 2019. “Pola Perilaku Konsumsi Generasi Milenial Terhadap Produk Fashion Perspektif Monzer Kahf: Studi Kasus Mahasiswi Universitas Airlangga” 6 (2): 319–30.

Huda, Nurul. 2021. “Implementasi Konsep Homo Islamicus Monzer Kahf Dalam Enterpreneurship Kiai Mahmud Ali Zain.” Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah 6 (2): 121. https://doi.org/10.24235/jm.v6i2.7931.

Jamaludin dan Syafrizal, Reza. 2020. “Konsep Dasar Ekonomi Menurut Syariat Islam.” MUAMALATUNA Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 12 (1): 72–99.

Kartini, Yuni. 2020. Media Sosial Dan Produktivitas Kerja Generasi Milenial. Jakarta: Guepedia.com.

Masharyono, and Cita Urwah Hasanah. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Celdi Katering (Survei Pada Konsumen Celdi Katering).” Tourism Scientific Journal 1 (2): 152. https://doi.org/10.32659/tsj.v1i2.10.

monzer kahf. 1995. Ekonomi Islam Telaah Analitik Terhadap Funsi Sistem Ekonomi Islam. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Munthe, Mhd Erwin, and Roviatul Fitriyah. 2020. “Pengelolaan Dan Etika Bisnis Islam Di Islamic Retail Store 212 Mart Cabang Dumai.” Jurnal Al-Qardh 5 (1): 1–13. https://doi.org/10.23971/jaq.v5i1.1914.

Nur Chamid. 2010. Jejak Langkah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Qayum, Abdul DKK. 2021. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Edited by Ali Sakti. Edisi Pert. Jakarta: Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia. https://doi.org/10.36769/asy.v16i1.221.

Rofiah, Khusniati. 2021. Produktivitas Ekonomi Perempuan Dalam Kajian Islam Dan Gender. Yogyakarta: Q-MEDIA.

Saumantri, Theguh. 2023. “Hyper Religiusitas Di Era Digital : Analisis Paradigma Postmodernisme Jean Baudrillard Terhadap Fenomena Keberagamaan Di Media Sosial” 20: 107–23. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tauwi, Tauwi, and Izharuddin Pagala. 2022. “Implementasi Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K 3) Terhadap Produktivitas Karyawan Pada Pt. Tani Prima Makmur Unit Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit (Pks) Kabupaten Konawe.” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan 1 (2): 31–40. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i2.10.

Tho’in, Muhammad. 2015. “Konsep Ekonomi Islam Jalan Tengah (Kapitalis – Sosialis).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 1 (03): 118–33. https://doi.org/10.29040/jiei.v1i03.34.

Ubaidillah, Ahmad. 2018. “Metodologi Ilmu Ekonomi Islam Monzer Kahf.” Jurnal Ekonomi Syariah 3 (1): 54–66.

Yunus, Erlinda Nusron, and Diyah Ratna Fauziana. 2023. Peningktan Produktivitas Secara Menyeluruh. Ponorogo: Reativ.

Zainal, Veithzal Rivai, Nurul Huda, Ratna Ekawati, and Sri Vandayuli Riorini. n.d. “Ekonomi Mikro Islam.”

Downloads

Published

21-12-2023

How to Cite

Elfi Sahara, Helda Nusrida, Dontes Putra, Hulwati. (2023). Fenomena Relegiusitas Terhadap Produktivitas Berdasarkan Pemikiran Monzer Kahf. AL-MUTSLA, 5(2), 220–231. https://doi.org/10.46870/jstain.v5i2.685