Pengaruh Model Inkuiri pada Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 20 Palu
DOI:
https://doi.org/10.46870/jstain.v5i1.568Keywords:
Model Inkuiri, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model inkuiri pada hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 20 Palu . Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap hasil belajar bahasa indonesia di kelas V SDN 20 Palu. Rancangan penelitian ini mempergunakan rancagan metode asosiasi dengan hubungan kasual, yang dalam tujuannya ialah menjelaskan sebab akibat dalam bentuk pengaruh antar variabel melalui pengujian hipotesis. Model pembelajaran inkuiri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa indonesia di kelas V SDN 20 Palu. Adanya pengaruh tersbut dapat dibuktikan dengan adanya pengambilan data terhadap nilai hasil semester ganjil 2022/2023, kemudian dengan membagi angket kepada masing-masing siswa, serta dokumentasi. Setelah itu, data dari angket dan nilai semester ganjil diolah secara simultan dengan mempergunakan aplikasi microsoft exel dan aplikasi SPSS 16. Dari pengolahan data tersebut maka hasil yang didapatkan adalah Fhitung = (1,160) > Ftabe l = (5,79) serta nilai probalitas signifikkan (0,386) >α (0,05) dengan demikin terdapat adanya pengaruh model inkuiri terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
Darsono. 2011. Manajemen sumber daya manusia abad 21. Jakarta: Nusantara Consulting.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian. Malang: UIN Malang Pers
Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Resmini, N., dkk. (2009). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan. Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
Rondiyah, A. A., Saddhono, K. (2017). Pembelajaran Sastra Melalui Bahasa dan Budaya Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Kebangsaan di Era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Jurnal Unissula, 1(1): 141-147.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Wasty. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 AL-MUTSLA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.