Dinamika Sistem Pendidikan Islam di Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat

Authors

  • Suddin Bani Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

DOI:

https://doi.org/10.46870/jstain.v5i1.564

Keywords:

Sistem Pendidikan Islam, Polewali Mandar

Abstract

Sejarah perkembangan dan dinamika pendidikan Islam di Indonesia seirama dengan masuknya Islam ke Nusantara. Menurut catatan sejarah lembaga pendidikan Islam pertama lahir dan berangkat dari Surau, Mushola, Masjid, kemudian menjelma kebentuk pesantren  dengan manajemen yang sangat sederhana. Semua system pengelolaan berpusat  pada keputusan kiyai yang sangat dihormati oleh para Pembina, guru dan para santri. Dalam perkembangannya pesantren pun mengalami dinamika, dari waktu ke waktu, pada awalnya dalam bentuk lembaga pendidikan tradisional dan sampai saat ini sudah banyak lahir pesantren moderen. Meskipun sebagian pesantren masih bertahan pada posisi tradidisional. Dari dinamika inilah, para peneliti dan pemerhati pesantren mengkategorikan pesantren menjadi tiga macam, yaitu pesantren tradisional, semi moderen, dan pesantren moderen. Pada penelitian ini fokus mengkaji tentang dinamika sistem pendidikan Islam di Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan berusaha menemukan serta lebih menekankan pada qua­li­ty observasi lapangan atau hal yang terpenting pada suatu objek penelitian. Temuan dari penelitian ini adalah dinamika yang terjadi pada masing-masing pesantren sangat variatif dan masing-masing institusi memiliki distingsi masing-masing sebagai pencirian lembaga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’la, Abd.Pembaruan Pesantren. Cet. I; Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara, 2006.

Arifin, Imron. Kepemimpinan Kyai Kasus Pesantren Tebuireng. Cet.I; Malang: Kalimasahada Press, 1993.

Asrohah, Hanun. Sejarah Pendidikan Islam. Cet.I; Jakarta: Logos,1999.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Cet. I; Jakarta: Logos, 1999.

Bawani, Imam.Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam. Cet. I; Surabaya: Al-Ikhlas, 1993.

Bosra, Mustari.Tuang Guru, Anrong Gur dan Daeng Guru:Gerakan Islam di Sulawesi Selatan 1914-1942. Cet.I;Makassar: La Galigo Press,2008.

Bruinessen, Martin Van.Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat.Cet. I; Bandung: Mizan, 1995.

Burhanuddin, Jajat,Ed.Mencetak Muslim Modern Peta Penddidikan Islam di Indonesia. Jakarta:Rajagrafindo Persada,2006..

Denzin, Norman K. dan Yvonna ed. Hand Book of Qualitatif Research. Terj. Darianto et. Al. Cet.I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2009.

Departemen Agama RI.Al-Qur'an dan Terjemahnya. Semarang: Karya Toha Putra, t.th.

Departemen Pendidikan, Kamus Besar Bahasa Indonesia.Edisi III. Cet. III; Jakarta: Balai Pustaka; 2002.

Dhofier, Zamakhsyari.Tradisi Pesantren (Studi tentang Pandangan Hidup Kyai). Cet. III; Jakarta: LP3ES, 1984.

Fathuri SR. “Masa Depan Pesantren Salafiyah” Tabloid Pondok Pesantren. Edisi Ketiga, 2009.

Fattah, Nanang.Landasan Manajemen Pendidikan.Cet. IX; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Haedari, Amin, dkk.Masa Depan Pesantren Antara tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas Global. Cet.I;Jakarta:IRD Press,2004.

Haedari, M. Amin dan Abdullah Hanif,Ed. Masa Depan Pesantren. Cet.I;Jakarta:IRD Press,2004.

Madjid, Nurcholish.Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina, 1997.

Mas’ud, Abdurrahman.Dari Haramain ke Nusantara, Jejak Intelektual Arsitek Pesantren.Cet. I; Jakarta: Kencana, 2006.

Mastuhu.Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta:INIS, 1994.

Masykhur, MS Anis.Menakar Modernisasi Pendidikan Pesantren. Cet.I Kalimantan: Barnea Pustaka, 2010.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. XVIII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Nahrawi, Amiruddin.Pembaharuan Pendidikan Islam. Cet.I;Yogyakarta:Gama Media, 2008.

Naim, Muhammad Yusuf dan Mohammad Natsir Sitonda. Ajaran Imam Lapeo. Cet. II; Makassar: Refleksi, 2007.

Nasir, Ridlwan.Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan. Cet.II;Yogyakarta:2010.

Nasution, S.Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Tarsito, 1996.

Parman, Ali, dkk. Sejarah Masuknya Islam di Mandar. Cet. I; Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan, 2010.

Rama, Bahaking.Jejak pembaharuan Pendidikan Pesantren Kajian Pesantren As’adiyah Sengkang.Cet. I; Jakarta:Parodatama Wiragemilang, 2003.

Satori, Jam’an dan Aan Komariah.Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet.I; Bandung: Alfabeta, 2009

Steenbrink, Karel A.Pesantren Madrasah Sekolah (Pendidikan Islam dalam Kurun Moderen). Cet.II; Jakarta:LP3ES,1994.

Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Cet. IV; Bandung: Alfabeta, 2008.

Sunanto, Musyrifah.Sejarah Peradaban Islam Indonesia.Cet.IV;Jakarta:Rajagrafindo, 2012.

Suparta, Mundzier, ed. Manajemen Pondok Pesantren.Cet.II;Jakarta:Diva Pustaka,2005.

Suyoto.Pondok Pesantren dalam Alam Pendidikan Nasional dalam M. Dawam Rahardjo, ed. Pesantren dan Pembaharuan. Cet.V;Jakarta:LP3ES, 1995.

Syamsudduha,St. Manajemen Pesantren Teori dan Praktek. Cet.I;Yogyakarta:Graha Guru, 2004.

Wahid, Abdurrahman.Pesantren dan Pembaharuan, Cet. V; Jakarta: LP3ES, 1995.

Zubaedi.Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Peasntren.Cet.I;Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Downloads

Published

12-06-2023

How to Cite

Bani, S. (2023). Dinamika Sistem Pendidikan Islam di Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. AL-MUTSLA, 5(1), 108–125. https://doi.org/10.46870/jstain.v5i1.564